Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Komunitas Dog Lovers Tomohon, Kampanyekan Vaksinasi Rabies Bagi Hewan Peliharaan

15/11/16, 19:20 WIB Last Updated 2016-11-15T12:20:02Z
adv google



Tomohon, BLITZ--Tingginya penyebaran penyakit rabies pada hewan anjing di wilayah Sulawesi Utara (Sulut) memancing atensi banyak elemen masyarakat. Tak terkecuali kelompok pencinta anjing ras yang membentuk Komunitas Dog Lovers Tomohon (DLT).

Data dari Bidang PMK (Penanggulangan Masalah Kesehatan) Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, di Bumi Nyiur Melambai sendiri, kasus kematian karena rabies untuk Januari sampai September 2016 mencapai 20 orang. Sementara GHPR (Gigitan Hewan Penular Rabies) mencapai 2804 kasus, menurut data dari SKDR online.

Berdasarkan tingginya angka hewan penular rabies tersebut, Komunitas DLT berinisiatif melakukan tindakan preventif dengan cara sosialisasi vaksinasi rabies. Terkait dengan aksi positif tersebut, Ketua Komunitas DLT, Nick Polii menuturkan, hal ini perlu dilakukan untuk mencegah menyebarnya rabies pada anjing di Kota Tomohon. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Tomohon.

"Komunitas DLT bersinergi dengan Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan (Distanakan) untuk mengampanyekan sekaligus melakukan vaksinasi rabies kepada anjing peliharaan masyarakat. Sebab, kontaminasi rabies pertama paling besar itu lewat anjing. Pemkot juga mendukung program ini," tutur Polii Selasa Malam (14/11).

Dikatakannya, untuk peralatan dan obat vaksin akan disediakan oleh Distanakan Tomonon. Pelaksanaan kegiatan vaksinasi ini juga akan didukung sejumlah dr hewan di Kota Tomohon.

Kampanye dan vaksinasi rabies pada anjing sudah direncanakan digelar bersamaan dengan launching Komunitas DLT pada 10 Desember 2016 mendatang. Sementara, untuk lokasi pelaksanaannya masih akan dibicarakan secara internal dalam rapat member DLT.


Penulis: Christian 'Pra' Pratasik/me

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Komunitas Dog Lovers Tomohon, Kampanyekan Vaksinasi Rabies Bagi Hewan Peliharaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Iklan