Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Nasdem dan PKPI Talaud Terancam di Diskualifikasi dari Pilcaleg

24/09/18, 19:00 WIB Last Updated 2018-09-24T12:28:47Z
adv google
Komisioner KPU Kader Talenggoran.(foto:istimewa)

Melonguane, BLITZ--Partai Nasdem dan PKPI Kepulauan Talaud, terancam di diskualifikasi dari ajang pilcaleg 2019.

Pasalnya sampai batas waktu yang ditentukan yakni Minggu (23/9) Pukul 18.00.Wita, kedua partai tersebut tidak memasukan laporan awal dana kampanye partai.

"Kemarin dua partai yakni PKPI dan Nasdem terlambat memasukan Laporan Awal Dana Kampanye sebagai bukti persyaratan keikutsertaan dalam pilcaleg. Prosesnya sampai hari ini kami sementara menyusun laporannya dan berkoordinasi dengan KPU Provinsi, sementara hal ini sudah diketahui Bawaslu dan hal ini ada sanksinya yakni pembatalan keikutsertaan dalam pilcaleg," jelas Talenggoran, Senin (24/9) siang.

Lanjut dibeberkan Talenggoran, lengkap atau tidaknya saat memasukan Laporan Awal Dana Kampanye, harus ada dokumennya sampai dengan batas waktu yg ditentukan, yakni Minggu (23/9) Pukul 18.00.Wita.

baca juga : Astaga...Oknum Honorer Cabut Paksa DCT Hasil Pleno KPUD Talaud

Kami sudah menyurat kepada parpol sejak jauh hari agar mempersiapkannya, tetapi entah bagaimana mereka menyikapinya.

Soal didiskualifikasi atau tidak tergantung Bawaslu. mungkin pihak Bawaslu masih mengumpulkan bukti dan sementara kami juga dari KPU tengah mengupayakan kelengkapan data dan buktinya," lanjut Talenggoran.

Berbeda dengan penjelasan Talenggoran Komisioner Bawaslu Divisi PHH Tevi Wawointana, yang sejak tahapan pemasukan laporan dana kampanye memantau dan mengawasi keseluruhan proses menjelaskan, pihak Bawaslu sudah melakukan tugas dan kewenangannya untuk mengawasi, termasuk kondisi di lapangan soal Partai Nasdem dan PKPI terkait pemasukan Laporan Awal Dana Kampanye.

"Bilamana sesuai tahapan yang diatur dalam PKPU terkait penyampaian Laporan Awal Dana Kampanye, ada hal-hal yang tidak sesuai, eksekusinya oleh KPUD, bukan di kami sebab dasarnya adalah PKPU," jelas Wawointana.


Sayangnya baik Ketua KPU Velma Sumee dan Komisioner Divisi Hukum Mexny Tamaroba, justru terkesan tidak mau memberikan tanggapan, bahkan sengaja meninggalkan kantor KPUD menghindari kejaran awak media.


Hal aneh lainnya ialah sampai hari ini, baik Bawaslu dan Parpol peserta pilcaleg justru baru menerima berita acara penetapan Daftar Calon Tetap tanpa disertai lampiran daftarnya, yang merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, sementara lampirannya justru sudah diedarkan di beberapa media dan di publikasikan




Den-Dala
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Nasdem dan PKPI Talaud Terancam di Diskualifikasi dari Pilcaleg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Iklan