Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

40 Legislator Manado Ikuti Orientasi Yang Digelar BPSDM

12/09/19, 14:47 WIB Last Updated 2019-09-12T07:47:24Z
adv google
Pimpinan Sementara DPRD Kota Manado, Aaltje Dondokambey, didampingi Adrey Laikun dan Sekretaris DPRD Steven Rendem, bersama Asst I Pemprov dan Pemkot.(anq)

Manado, BLITZ
- 40 anggota DPRD Kota Manado periode 2019-2024 mengikuti orientasi yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulawesi Utara (Sulut), selama 4 hari dari Rabu-Sabtu (11-14/09/2019) di hotel Swiss Bell Manado.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, diwakili Asisten I Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, Edison Humiang, didampingi Sekretaris DPRD Manado, Steven Rende dan calon pimpinan definitif sementara Aaltje Dondokambey serta Adrey Laikun.


Info yang dirangkum melalui Kabid BPSDM Sulut, Yahya Rondonuwu, dasar diadakannya orientasi tersebut berpacu pada UU 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah pasal 107 huruf g dan pasal 160 huruf g, yang mengamanatkan mengikuti orientasi dan pendalaman tugas bagi anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah.

Selain itu diperkuat dengan surat edaran Mendagri, no 893/6284/S/J tanggal 11 Juli 2019 tentang tentang penyelenggaraan orientasi atau pembekalan bagi anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.



"Tujuan orientasi adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan ketrampilan, sikap dan semangat pengabdian anggota DPRD dalam melaksanakan tugas pemerintahan daerah dalam kerangka NKRI," jelas Rondonuwu.


Sementara Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dalam sambutan yang dibacakan Asisten I Pemprov Sulut, Edison Humiang mengatakan, tujuan kegiatan tersebut sebagai momentum strategis untuk memperteguh komitmen dan motivasi untuk semua yang hadir.

"Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan ucapan terimakasih, kepada jajaran BPSDM, berkat sinergitas dan prakarsa positifnya dalam mengupayakan kegiatan ini," ungkap Gubernur dalam sambutannya. 


Perlu diketahui, materi yang bakal diterima Legislator Manado dalam orientasi

1. Isu aktual/atau muatan lokal
2. Pancasila UUD 1945, bhinneka tunggal ika, dan wawasan kebangsaan NKRI.
3. Internalisasi integritas
4. Sistem pemerintahan Indonesia
5. Pembangunan daerah dan Pembangunan keuangan daerah
6. Hubungan kerja anggota DPRD dan kepala daerah
7. Fungsi, tugas, wewenang,  serta hak kewajiban DPRD

Sedangkan tampil sebagai tim pengajar atau fasilitator,

1. Gubernur Sulawesi Utara
2. Walikota Manado
3. Direktur IPDN Kampus Sulawesi Utara
4. Ir. J.P.H Waha, MAP
5. Ir. Yulius MSi
6. DR. F. Taru MSi

(Fangky/Liputan Khusus) 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 40 Legislator Manado Ikuti Orientasi Yang Digelar BPSDM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Iklan