Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Terkait Tindak Kekerasan di Sekolah, ini Kata Zakarias Tatukude

22/10/19, 17:16 WIB Last Updated 2019-10-22T10:16:32Z
adv google
Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Manado, Zakarias Tatukude.(AnQ/ManadoBlitz) 
Manado, Blitz - Kasus kekerasan di lingkungan sekolah kembali terjadi di Kota Manado, seperti yang terjadi Senin (21/10) siang, dimana kekerasan yang dilakukan salah satu murid sekolah menengah kejuruan (SMK), mengakibatkan kematian seorang guru.

Terkait kasus yang tengah viral ini, anggota DPRD Kota Manado, Zakarias Tatukude, angkat suara. Menurutnya ini adalah sebuah kritik untuk dunia pendidikan, serta harus ada kontrol dan pengawasan hingga tindakan atau sanksi yang tegas.

"Tidak boleh dibiarkan begitu saja dengan alasan masih dibawah umur, harus ditindak tegas sesuai dengan Undang-undang, agar bisa ada efek jera dan sekaligus pembelajaran bagi para peserta didik, yang bertindak diluar kewajaran," ujar Tatukude.

Berbicara soal peraturan yang ada, terkait anak di bawah umur, mungkin sudah tertera jelas, namun menurut legislator asal PDIP ini, peraturan hanya menjadi peraturan yang tidak terealisasi jika tidak ada kontrol maupun pengawasan dari orang yang punya kewajiban.

"Kami menghimbau agar guru selalu berkomunikasi sekaligus mengawasi peserta didik, misalnya jika seorang siswa melakukan pelanggaran, jangan langsung dimarahi, tapi diajak bicara apa penyebabnya yang kemungkinan bukan dilakukan secara sengaja," imbau Sekretaris Komisi IV ini.

Legislator asal dapil Tuminting/Bunaken ini juga menambahkan, baik orangtua maupun guru harus peduli, apa yang anak dilakukan di lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggal.

"Guru bersama orang tua harus memahami apa yang terjadi di lingkungan rumah, sekolah hingga lingkungan pergaulan anak,  karena besar kemungkinan anak akan melakukan kesalahan karena merasa diabaikan, juga pengaruh pergaulan yang tidak terkontrol," tandas Ko' Sun sapaan legislator ini.

(Fangky)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Terkait Tindak Kekerasan di Sekolah, ini Kata Zakarias Tatukude

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Iklan