Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Kawin Adat Terus Dilestarikan di Talaud

14/11/19, 11:22 WIB Last Updated 2019-11-14T04:22:43Z
adv google
Kawin adat yang dilaksanakan di Melonguane.(istimewa)


Melonguane, BLITZ--Salah satu warisan budaya yang diupayakan penguatan dan pelestariannya ialah perkawinan adat.


Rabu (13/11) malam, perkawinan adat dilangsungkan di Melonguane, dimana pihak lelaki berasal dari Banua (desa dalam sebutan adat) Apan dan pihak perempuan dari Banua Melonguane.


Perkawinan adat lengkap berlangsung meriah dan penuh dengan prosesi serta ritual adat yang sarat dengan filosofi dan nilai-nilai luhur budaya penuh pengajaran akan nilai kehidupan juga disaksikan ratusan pasang mata warga Melonguane dan Apan yang datang.


Disampaikan Ratumbanua Melonguane Ramli Adam, perkawinan adat harus diakui sudah mulai kurang dilaksanakan. Namun momentum perkawinan adat yang dilakukan kali ini menjadi sebuah pencerahan kepada semua generasi akan makna dan hakekat dari pengajaran kawin adat yang diwariskan para leluhur.


"Perkawinan merupakan suatu proses kehidupan yang sakral dalam kehidupan orang Talaud. Para leluhur meninggalkan hal ini sebagai warisan budaya dan kebiasaan yang semestinya kita jaga, rawat dan lestarikan karena inilah identitas dan jati diri kita sebagai anak Talaud," ungkap Adam.


Perkawinan adat yang berlangsung tadi malam antara pihak laki-laki yakni Andika Unsong dan pihak perempuan Jelly Raras berlangsung dalam 15 tahapan, dimana salah satu tahapan adalah menentukan apakah kedua calon pengantin masih memiliki hubungan kekeluargaan yang dekat atau tidak.


Setelah melalui pembacaan silsilah dan rembuk bersama, akhirnya di dapati kedua calon pengantin sudah berada di lapis atau generasi ke 11 di tarik dari satu nama Dotu di Talaud yakni Unsong Bahewa.


"Dengan ini adat menyatakan keduanya sah diikat dalam satu tali perkawinan berdasarkan keyakinan dan penilaian adat termasuk perhitungan kedekatan hubungan kekeluargaan," ucap Ramli Adam yang mensahkan kedua pasangan sebagai suami isteri secara adat. Yang untuk selanjutnya akan memasuki tahapan perkawinan secara agama dan negara.



Den-Dala
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kawin Adat Terus Dilestarikan di Talaud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Iklan