Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Dengar Pendapat Dengan Komisi III, Pemerhati Lingkungan:Banyak Efek Negatif Incenerator

31/01/20, 12:20 WIB Last Updated 2020-01-31T05:25:20Z
adv google
Komisi III DPRD Manado, saat dengar pendapat bersama pemerhati lingkungan.(AnQ) 
Manado, Blitz - Penggunaan incenerator sebagai solusi jangka pendek pengurangan jumlah sampah, yang akan dibuang ke Tempat pembuangan akhir, ternyata memunculkan permasalahan baru. 

Hal ini terungkap dalam rapat dengar pendapat, antara Komisi III DPRD Kota Manado bersama Pemerhati Lingkungan, Jumat (31/1) siang, di Ruang Komisi III Sekretariat DPRD Kota Manado.

Seperti diungkapkan Deny Taroreh, bahwa hasil pembakaran sampah organik dan anorganik, yang dilakukan lewat incenerator akan menghasilkan bioksin yang bisa merusak jaringan tubuh dan menyebabkan kanker.

"Harusnya Pemerintah bisa terlebih dahulu melakukan sosialisasi, apalagi incenerator akan digunakan di ruang publik, karena banyak dampak negatif yang akan dihasilkan dari pembakaran sampah di incenerator, jadi Incenerator bukan solusi persoalan sampah di Manado," ujar Taroreh. 

Senada dikatakan Jemmy Makasala, dimana dirinya mempertanyakan bahwa penggunaan incenerator di beberapa negara maju seperti Jepang, Jerman Singapura dan China, dilewati dengan pengkajian selama beberapa tahun, kenapa di Kota Manado tidak melalui pengkajian terlebih dahulu.

"Apakah peneliti yang ada di Manado jauh lebih pintar daripada para peneliti dari Jepang, Jerman, Prancis, Singapura atau China, sehingga Kota Manado tidak perlu melakukan pengkajian terlebih dahulu dalam hal incenerator," ketusnya.

Menanggapi beberapa uraian permasalahan yang bisa ditimbulkan dari penggunaan incenerator, Wakil Ketua Komisi III, Lily Binti mengatakan bahwa pihak DPRD lewat Komisi III, akan mempertanyakan hal ini kepada Dinas lingkungan hidup.

"Dinas Lingkungan Hidup harus memberikan penjelasan terkait efek negatif yang natinya bisa ditimbulkan oleh penggunaan incenerator," jelas Legislator tiga periode ini. 

Senada  diungkapkan Jurani Rurubua dimana dirinya meminta agar pihak-pihak terkait bisa dihadirkan, agar bisa mendapat penjelasan serta masyarakat bisa mendapat pencerahan, agar bisa dihindarkan dari permasalahan yang nantinya muncul.

"Baiknya kita jangan hanya memberikan kritikan terkait Incenerator, tapi juga bisa memberikan solusi hal apa yang harusnya dilakukan, mengingat persoalan Incenerator merupakan program pemerintah dan sedang dilaksanakan," ujar Srikandi PSI ini

Terkait penjelasan yang dijabarkan para pemerhati lingkungan ini, Ronny Makawata, mengatakan bahwa apabila memang benar dugaan tidak adanya kajian dalam penggunaan incenerator sebagai solusi jangka pendek, hal ini harus ditindak tegas.

"Kami mendorong agar pemerhati lingkungan yang benar-benar mencintai lingkungan khususnya Kota Manado, agar bisa bersama-sama menggugat clash action pihak pemerintah,  agar jelas dan menjadi jaminan masa depan anak cucu kita," tandas Ketua Komsi III ini.

(Angki)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dengar Pendapat Dengan Komisi III, Pemerhati Lingkungan:Banyak Efek Negatif Incenerator

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan