Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Dialog Budaya Awali Rangkaian Gelaran Adat Mandulu'u Tonna 2020

30/01/20, 19:47 WIB Last Updated 2020-01-30T12:47:10Z
adv google
Pemukulan gong sebagai tanda dimulainya dialog adat oleh Plt sehari-hari Bupati Ir Adolf Binilang ME.(istimewa)




Melonguane, BLITZ--Pelaksana Tugas sehari-hari Bupati Kepulauan Talaud Ir Adolf Binilang buka dialog adat sebagai penanda dimulainya rangkaian gelaran adat Mandulu'u Tonna 2020 di pendopo rumah dinas bupati, Kamis (30/1) siang.


"Adat dan budaya adalah sebuah kehakikian dan jati diri kita selaku anak bangsa yang berada di Bumi Porodisa. Eksistensinya patut kita jaga, kita pelihara dan lestarikan," ucap Binilang mengawali sambutannya.


Lebih jauh dituturkan Binilang, sebagai penanda, patokan hidup bermasyarakat, adat dan budaya daerah, sangatlah penting untuk dijaga eksistensinya dan harmonisasinya dalam kerja membangun masyarakat Talaud bersama dengan pemerintah daerah.


"Bahwa adat tidak berada di bawah pemerintah sekaligus juga tidak berada di atas pemerintah. Tetapi berjalan bersama dalam sebuah harmoni dan satu kepentingan yang sama yakni membangun masyarakat Kepulauan Talaud yang menuju pada kemajuan secara bersama-sama'" ujar Binilang.


Hal menarik dari dialog adat dan budaya berdasarkan pemaparan salah satu peneliti dari Badan Arkeologi Manado, bahwa wilayah Kepulauan Talaud sudah dihuni atau didiami manusia sejak 60 ribu tahun yang lalu.


Pemaparan peneliti dari Badan Arkeologi ini menjadi motivasi sekaligus pendorong bagi para pentua adat yang berniat menulis tentang sejarah daerah berdasarkan kewilayahannya masing-masing.


Sementara Isak Tamaroba hasil penelitian Peter Bellwood, ditemukan jejak-jejak arkeologi sejak 34 ribu tahun lalu khususnya di wilayah Salibabu.


"Tentunya ini perlu ditindak lanjuti untuk pendalaman guna penelusuran dan penulisan sejarah kehadiran manusia di Talaud. Sudah barang tentu apa yang dipaparkan oleh para peneliti dari Badan Arkeologi akan menjadi pendorong bagi kita semua untuk terus menggali kearifan lokal dan asal-usul kehadiran manusia dan peradaban di Talaud ke depannya," tutur Tamaroba.



Den-Dala
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dialog Budaya Awali Rangkaian Gelaran Adat Mandulu'u Tonna 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Iklan