Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Tim PORA Amankan 2 WNA di Bowongbaru

09/01/20, 10:10 WIB Last Updated 2020-01-09T03:10:40Z
adv google

Langi : ini bagian dari partisipasi masyarakat

WNA yang diidentifikasi dan didata Tim PORA Talaud.(ist)


Melonguane, BLITZ--WNA asal Amerika Serikat teridentifikasi bernama Enda Gary umur 28 tahun, diperiksa oleh Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) Kepulauan Talaud setelah menerima laporan dari masyarakat.


Berdasarkan keterangan Kepala Desa Bowongbaru tengah Markus Tahgesa, WNA tersebut sudah beberapa waktu berada di Kepulauan Talaud.


"Yang bersangkutan tiba di Talaud sejak 2 Januari dan sempat tiga hari berada di Desa Alo Utara  di rumah salah satu Kades disana. Kemudian oleh Kades di Alo diantar ke rumah saya," jelas Tahgesa, Rabu (8/1) di hadapan Tim PORA yakni:

1. Kapten Mar Sri Agus S (Pasintel Lanal Melonguane)

2. Letda Laut (S) Bambang H (Dan Unit Intel Lanal)

3. Fitron (Kepala PSDKP Talaud)

4. Canisius Matei (PSDKP Talaud)

5. Herlambang (Kejaksaan)

6. Juan Palempung (Kejaksaan)

7. Viktor Sojow SG (Kejaksaan)

8. Herby Langi (Camat Melonguane Timur)

9. Markus Tahgesa (Kades Bowombaru Tengah)

10.  Rahman (Binda Talaud)

11. Serma Ferdy Bee (Plh Dan Unit Inteldim 1312/Tld)

12. Nova (Bais TNI)

13. Serda Awardin (Den Inteldam XIII/Mdk).




Dari hasil identifikasi tidak ditemukan hal-hal yang patut untuk menjadi kecurigaan selain aktivitasnya selaku surfer.


"Baik keseharian sebagaimana laporan Kades maupun catatan aktivitas di Tablet miliknya adalah catatan mengenai kegiatan atau aktivitas surfing," jelas Herbi Langi, Camat Melonguane Timur.


Sementara masih di wilayah Melonguane Timur, juga dilakukan identifikasi dan pemeriksaan terhadap nelayan tanpa identitas asal Filipina Reinaldo Casila.


Dari keterangan yang bersangkutan yang dikomparasi dengan keterangan Supriyadi Andaria nelayan asal Desa Bowongbaru yang menemukannya, di dapati bahwa Casila kehilangan kontak dengan rekan-rekannya di kapal penangkap Tuna KM Dona Casila sejak 28 November 2019.


"Mereka turun melaut sejak 18 November. Pada 28 November yang bersangkutan turun dengan pakura untuk menangkap ikan, namun karena cuaca buruk mesin motornya rusak dan putus kontak dengan rekan lainnya sampai ditemukan oleh nelayan bernama Supriyadi Andaria," jelas Langi.


Keberadaan Casila langsung dilaporkan kepada Kades Bowongbaru Robinson Malengsang dan diteruskan ke Polsek Melonguane yang segera menjemput dan mengamankan Casila.


"Saat ini  nelayan asal Filipina sudah kami amankan untuk penanganan selanjutnya sesuai protap Tim PORA," ungkap Ipda Dedy Matahari Kapolsek Melonguane.



Den-Dala
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tim PORA Amankan 2 WNA di Bowongbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Iklan