Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

TPA Sumompo Overload,GSVL: Insenerator Solusi Sampah Kota Manado

24/01/20, 18:41 WIB Last Updated 2020-01-24T11:41:24Z
adv google
Walikota GSVL saat melihat langsung uji coba insenerator.(istimewa)


Manado, BLITZ--Daya tampung Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Sumompo   sudah melebihi kapasitas menampung sampah alias Overload.

Mengantisipasi kian menumpuknya sampah warga Kota Manado, Pemkot Manado GS Vicky Lumentut berupaya melakukan upaya pegurangan sampah Kota Manado.

Salah satunya dengan mengadakan Insenerator atau alat pembakar sampah hampir setiap kecamatan.

Terlihat di lokasi kecamatan Wanea, Jumat (24/01) Walikota Manado GSVL melakukan pemantauan terkait uji coba penggunaan Insenerator tersebut setelah alat tersebut selesai dipasang.

Dikatakan GSVL, Alat tersebut akan dimanfaatkan untuk membakar sampah yang dikumpulkan dari wilayah kecamatan. Dan alat ini dinilainya salah satu solusi saat ini melihat kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo sudah tidak layak lagi penampung sampah di Kota Manado.

" Melihat kondisi TPA Sumompo sudah tidak layak lagi, Insenerator solusi disaat ini guna mengantisipasi masalah sampah di Kota Manado," ujar Walikota kembali.

Lanjutnya, penggunaan alat ini akan berhenti setelah TPA Regional yang dijanjikan Pemerintah Provinsi dibangun di Minahasa Utara selesai.

"Saya memilih sampah dibakar sambil menunggu selesainya TPA regional karena di Kota Manado tidak ada lagi lahan yang layak untuk TPA," kata Walikota dua periode pilihan rakyat ini.

Diketahui pengadaan Insenerator sudah melalui kajian yang matang, sebelum pengadaan dilakukan Pemerintah Kota Manado, sudah berkonsultasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup. Rekomendasi yang diberikan, boleh melakukan pembakaran sampah asalkan suhunya tidak boleh dibawah 800 derajat celcius. Sementara Insenerator milik Pemkot Manado ini suhunya 1.200 derajat celcius.



DeWa/pemhum


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • TPA Sumompo Overload,GSVL: Insenerator Solusi Sampah Kota Manado

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Iklan