Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Tradisi Rombongan Bentuk Syukur Tahun Baru Warga Kampung Matole

03/01/20, 16:54 WIB Last Updated 2020-01-03T09:54:51Z
adv google
Tradisi Rombongan salah satu kearifan lokal warga Kampung Matole, Kabupaten Sitaro. 
Manado, Blitz - Di beberapa daerah di Indonesia, terdapat berbagai macam tradisi dalam meramaikan tahun baru. Seperti tardisi rombongan, yang ada di Kampung Matole, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).
Rombongan Masamper Bapak saat berpapasan dengan rombongan Masamper Ibu.(AnQ) 
Tradisi Rombongan yang ada di Kampung Matole ini, diprakarsai oleh pemerintah kampung serta didukung penuh oleh masyarakat, dan dilaksanakan sepanjang bulan Januari kemudian ditutup dengan Tulude.
Rombongan Masamper Bapak-Bapak.(AnQ) 
Tradisi Rombongan sendiri, awalnya hanya dilakukan oleh sekelompok Bapak dan Ibu yang menyanyikan lagu berbahasa daerah, dari satu rumah pindah ke rumah warga lain. Ini diungkapkan Kapitalau Kampung Matole, Hendrik Araro, kepada www.ManadoBlitz.com.
Rombongan Masamper Ibu-Ibu.(AnQ) 
"Kegiatan rombongan sudah dilakukan lama dan turun-temurun hingga saat ini, bedanya, dulu hanya ada rombongan Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang membentuk Rombongan, mereka menyanyikan lagu-lagu Masamper sebagai wujud syukur kepada Tuhan sang pencipta langit dan bumi, yang memberi berkat serta kesehatan di tahun yang baru," ucap Kapitalau yang lebih akrab dengan sapaan Endi ini.
Rombongan Muda-Mudi saat berjoget ria mengikuti alunan musik.(AnQ) 
Dia menambahkan, di era milenial seperti sekarang ini, tradisi rombongan masamper memang mulai tergerus aroma modernisasi, dengan bertambahnya rombongan muda-mudi serta anak-anak, yang lebih menyukai musik modern dan berjoget ria mengikuti alunan musik.
Rombongan Anak-Anak.(AnQ) 
"Tradisi yang merupakan kearifan lokal seperti ini haruslah tetap dilestarikan, hal-hal seperti inipun sangat didukung oleh pemerintah Kabupaten. Karenannya, meski mulai tergerus era modernisasi dan globalisasi, kan yang paling utama dari hal ini adalah nilai dan esensi yang ada didalamnya," tandas Kapitalau termuda di Kabupaten Sitaro ini.

(Fangky)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tradisi Rombongan Bentuk Syukur Tahun Baru Warga Kampung Matole

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Iklan