Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Bowonseet Desak Gubernur Tingkatkan Status Binilang

25/02/20, 15:12 WIB Last Updated 2020-02-25T08:13:15Z
adv google

Direktur LAKP2N Hariono Bowonseet.(ist)




Melonguane, BLITZ--Terkait pemeriksaan BPK di Pemkab Kepulauan Talaud, Pelaksana Tugas sehari-hari Bupati Ir Adolf Binilang memberikan instruksi agar semua kepala SKPD dilarang meninggalkan daerah.


Hal ini dibenarkan Inspektur Inspektorat Pemkab Kepulauan Talaud Moudy R Gumansalangi.


"Sesuai instruksi Pelaksana tugas sehari-hari bupati, pejabat dilarang meninggalkan daerah selama berlangsungnya pemeriksaan BPK," ujar Gumansalangi beberapa waktu lalu.


Namun fakta di lapangan, ada sejumlah Kepala SKPD yang berangkat ke luar daerah untuk berbagai urusan dan ditengarai tanpa seijin Binilang.


Menyikapi hal ini Direktur LAKP2N Hariono Bowonseet, ada sesuatu yang salah dalam pengelolaan dan manajemen daerah ini.


"Kepala OPD yang meninggalkan daerah tanpa seijin pelaksana tugas sehari-hari bupati sangat kental indikasi pembangkangan terhadap atasan dan ini harus segera ditindak oleh Pelaksana tugas," tukasnya, Selasa (25/2) siang.


Diakui lelaki yang akrab disapa Harbo ini adanya keterbatasan kewenangan selaku pelaksana tugas sehari-hari juga menjadi bagian dari sulitnya menegakan aturan dan disiplin.


"Sudah saatnya kondisi dan situasi pemerintahan di Kepulauan Talaud lebih diperhatikan dengan sangat serius oleh Pemprov dalam hal ini Gubernur Oly Dondokambey demi menjamin stabilitas dan berlangsungnya pelayanan publik yang baik serta optimal," jelasnya.


Untuk itu, dikatakan Harbo tak ada jalan lain bagi Gubernur Sulut selain meningkatkan status dan kewenangan Adolf Binilang dan bukan hanya mandeg di Pelaksana Tugas sehari-hari.


"Artinya manajemen pemerintahan harus dibarengi dengan instrumen kebijakan dan pengambil keputusan yang kuat dan jelas bagi kepala daerah.  semestinya Pak Gubernur  jalan terbaik yang diambil oleh Pemprov ialah memberikan kewenangan penuh atau meningkatkan status Binilang ke level yang lebih dari statusnya hari ini, jika memang ada acuan atau dasar hukumnya, karena kondisi dan fakta di lapangan ada kepala SKPD yang tidak mau mendengar dia," lanjut Harbo.


Menutup perbincangan Harbo meminta, gubernur memperhatikan suara dan kepentingan masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud yang butuh diayomi dan dilayani dengan baik oleh para aparatur negara dibawah kepemimpinan Adolf Binilang.




Den-Dala
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bowonseet Desak Gubernur Tingkatkan Status Binilang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Iklan