Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Kadis Distan Mitra Manfaatkan Lahan Tanam Bawang Merah

22/02/20, 11:11 WIB Last Updated 2020-02-22T04:11:59Z
adv google

RATAHAN, ManadoBlitz - Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distan) Minahasa Tenggara, Fero Worang SE, selalu mendorong masyarakat petani, khususnya di Minahasa Tenggara agar memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanamam.

Bahkan tak tanggung-tanggung, ditengah kesibukannya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Woramg sengaja memanfaatkan waktu senggang dengan menanam bawang merah.

Menurut Worang, prospek bawang merah saat ini sangat bagus. Sebab sangat mudah mencari pasaran. Entah dipasarkan dalam daerah ataupun keluar, tetap harganya tidak buruk.

"Saya tertarik menanam bawang merah sebab pasarannya bagus dan cukup menjanjikan," singkat Worang, baru-baru ini, sambil menyebut telah mengolah sekira 1 hektare lebih lahan bawang merah berlokasi di Balai Benih, Desa Tababo, Kecamatan Belang,

Saat ditanya harga per-kilogram bawang merah saat dipanen dan dipasarkan, ia menyebut sekira Rp45000 hingga Rp50.000 per-kilogramnya. Dan harga itu tutur Worang, sudah sangat bagus.

"Kalau berbicara pengolahan lahan sekira satu hektare, hasil panennya diperkirakan bisa mencapai 1 ton. Sementara untuk keuntungan per-tiap panennya berkisar 10.000.000. Itu hanya perkiraan hitung-hitungan saja," beber eks Camat Ratahan tersebut.

Kalau ada masyarakat Minahasa Tenggara, yang tertarik menaman bawang merah, Worang mengaku siap membantu memberikan edukasi terkait perawatan sampai masa panen.

"Makanya, saya mengajak masyarakat yang mempunyai kemauan untuk menanam. Dalam hal ini saya siap membantu memberikan pengetahuan untuk mengolah bawang merah," ucapnya.

Selain bawang merah, Worang mengaku menanam fanili. Tapi untuk tanaman yang harga saat ini mengembirakan, ia mengaku memenfaatkan pekarangan rumah bahkan pekarangan di instansinya itu.

"Tidak luas, karena memang hanya pekarangan saja. Tapi progres saya, sebisa mungkin memanfaatkan lahan untuk tanaman yang bisa memberikan prospek pasaran kedepan," ujar Worang, sembari menyebut ada tanaman kebutuhan keluarga lainnya yang ditanam juga. (Christian Soriton)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kadis Distan Mitra Manfaatkan Lahan Tanam Bawang Merah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Iklan