Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

LSM Jangkar Porodisa Sosialisasikan Pengamalan Pancasila Antisipasi Kejahatan Trans Nasional

26/02/20, 13:07 WIB Last Updated 2020-02-26T06:07:36Z
adv google


Melonguane, BLITZ--Lembaga Swadaya Masyarakat Jaringan Kerja Rakyat (Jangkar) Porodisa yang dinahkodai Evans Taarae SS memberikan penguatan pemahaman pancasila melalui sosialisasi 'pengamalan pancasila dalam rangka mengantisipasi trans nasional crime', Rabu (26/2) di aula Bapelitbang.


Sejumlah ormas dan LSM yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud diundang selaku peserta dengan menghadirkan pemateri dari Polres, Kodim 1312/Talaud dan Lanal Melonguane.


Dalam sambutannya Ketua LSM Jangkar Porodisa Evans Taarae SS menjelaskan bahwa kondisi pemahaman yang begitu beragam tentang hakikat dab keberadaan pancasila harus disatukan persepsinya dalam pengamalan di prakteknya guna menghadapi perubahan dunia terutama kejahatan lintas negara.


"Ada yang bilang pancasila sudah final selaku ideologi dan nafas hidup berbangsa. Ada yang berpendapat bahwa pancasila telah mengalami degradasi dan harus dimenangkan. Tetapi bagi kami pancasila adalah ideollogi yang akan selalu menang dan menjadi pedoman dalam mengantisipasi kejahatan lintas negara yang coba menguasai berbagai sendi kehidupan negara," ucap Taarae.


Salah satu pemateri Iptu Y Melale SH MM dalam paparannya menjelaskan tentang bagaimana mengamalkan pancasila dalam kehidupan selaki anak bangsa yang berada di tapal batas NKRI.


"Kantibmas merupakan tugas utama Polri untuk memastikannya. Pancasila dan penguatan nilai-nilainya menjadi obyek sekaligus subyek untuk diterapkan dalam pengamanan dalam negeri. Dengan pemahaman pancasila yang kuat maka situasi kantibmas diharapkan menjadi sangat kondusif," jelas Melale.


Pasi ops Kodim 13/12 Talaud Lettu Hendra Welan selaku pemateri kedua menggambarkan pengamalan pancasila yang melekat erat dalam tugas dan fungsi TNI.


"Salah satu fungsi TNI yakni sebagai alat pertahanan negara. Menjadi alat pertahanan negara artinya siap menghadapi dan mengatasi ancaman disintegrasi bangsa baik datang dari luar maupun dalam negeri," beber Welan. 




Den-Dala
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • LSM Jangkar Porodisa Sosialisasikan Pengamalan Pancasila Antisipasi Kejahatan Trans Nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Iklan