Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Turlap, Komisi III Temukan Incenerator tak Beroperasi dan Digembok Pihak Ketiga

25/02/20, 23:53 WIB Last Updated 2020-02-25T17:08:14Z
adv google
Komisi III DPRD Manado, saat meninjau lokasi Incenerator.(anq) 
Manado, Blitz - Selasa (25/2) siang, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado, kembali melaksanakan agenda turun lapangan (turlap), yang merupakan kegiatan rutin Komisi yang membidangi persoalan pembangunan ini. 

Tujuan kegiatan rutin serta turlap Komisi yang diketuai Ronny Makawata ini, adalah untuk meninjau langsung pengunaan alat pembakar sampah (Incenerator), di Kantor Dinas PUPR dan Kecamatan Wanea.


"Kami mendapat informasi dari beberapa pihak, bahwa incenerator yang pengadaannya memakan anggaran 11,5 miliar tidak beroperasi, karenanya kami meninjau langsung ke lapangan, dan mendapati bahwa memang benar malah sedang digembok," ungkap anggota Komisi III, Lucky Datau.


Terkait hal ini, Komisi III lewat Datau meminta agar Dinas Lingkungan Hidup (DLH), selaku pihak yang meminta untuk dianggarkan dan merupakan penanggung jawab, agar segera mengoperasikan Incenerator.
Salah satu Incenerator yang digembok oleh pihak ketiga.(anq) 

"Saat kami tinjau langsung di lokasi, kami menemukan bahwa incenerator digembok dan tidak beroperasi. Hal ini sangat bertolak belakangan dengan yang dikatakan Walikota saat peresmiannya. Karenanya, kami meminta agar DLH segera mencari solusi, mengingat saat pembahasan anggaran, DLH mengatakan bahwa pengadaan Incenerator merupakan sesuatu yang urgent," kata Datau lagi.


Datau juga mengungkapkan, bahwa Komisi III telah menanyakan ke pihak ketiga, alasan kenapa tidak beroperasi dan digemboknya incenerator.


"Kami telah menanyakan dan mendapatkan informasi dari pihak ketiga, alasan kenapa mereka menggembok dan tidak mengoperasikan incenerator adalah karena sampai saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) belum melakukan pembayaran," jelas politisi asal Partai Amanat Nasional ini.
Anggota Komisi III DPRD Kota Manado, Lucky Datau, saat diwawancarai.(anq) 

Meski begitu selaku wakil rakyat, Komisi III DPRD masih berharap, agar incenerator yang memakan anggaran sangat besar serta merupakan uang rakyat, segera difungsikan dan kegunaannya bisa dirasakan oleh rakyat.


"Sebagai fungsi pengawasan, kami komisi III DPRD Kota manado, akan memantau terus terkait permasaahan incenerator ini, agar uang rakyat yang dianggarkan untuk pengadaan incenerator tidak mubasir. Untuk itu, kami berharap agar DLH segera menindaklanjuti persoalan ini," tandas Datau.

Perlu diketahui, turlap kali ini dipimpin Ketua Komisi III, Ronny Makawata, Wakil Ketua Komisi III, Lily Binti, turut dihadiri Anggota Komisi III Lucky Datau, Jurany Rurubua dan Jean Sumilat. 


(Fangky Bukarakombang)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Turlap, Komisi III Temukan Incenerator tak Beroperasi dan Digembok Pihak Ketiga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan