Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Lasut-Parpaga Gerak Cepat Cegah Penyebaran Covid-19

16/03/20, 11:10 WIB Last Updated 2020-03-16T04:10:01Z
adv google

Warga Diimbau Hidup Sehat dan Bersih

Rapat koordinasi antisipasi Virus Corono (covid-19)




Melonguane, BLITZ--Pemkab Kepulauan Talaud melakukan rapat dalam pembahasan antisipasi dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Talaud, Senin (16/3) pagi di ruang rapat bupati dipimpin Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga.


Dalam paparan awal, Kepala Dinas Kesehatan dr Kerry D Monangin menjelaskan mengenai kondisi terkini baik di Indonesia, Sulut maupun Kepulauan Talaud.


"Dari 117 kasus baru ditemukan 1 kasus meninggal dunia artinya kecil tetapi bukan berarti kita mengurangi tingkat kewaspadaan kita semua," ujar Monangin.


Sementara khusus untuk Talaud ada 4 orang dalam pemantauan karenap mereka yang ldikategorikan dalam pemantauan oleh karena pernah berada di daerah yang terpapar Covid-19.


"Jadi karena mereka pernah berada di daerah terpapar jadi aealnya mereka melakukan pengecekan sendiri. Kemudian kembali ke Talaud dan saat ini dalam pemantauan dan Talaud sendiri sampai hari ini dan kita kerja bersama agar jangan sampai dan TIDAK ADA KASUS COVID-19," tegas Monangin.


Secara teknis baik dinas kesehatan maupun RSUD sudah sementara melakukan persiapan guna menerapkan langkah-langkah taktis antisipatif.


"Secara kebutuhan kami meminta kepada bupati dan wakil bupati kiranya dapat memberikan alokasi anggaran guna memenuhi kebutuhan dalam tindak preventif dan antisipasi," lanjut Monangin.


Memulai rapat Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga meminta seluruh masyarakat untuk jangan panik. Yang kedua ia meng-imbau kepada pemimpin umat kristen, katolik maupun muslim untuk doa bersama dan memberi penguatan kepada masyarakat.


"Langkah pertama bagi kita selaku pemerintah adalah melakukan langkah antisipasi di setiap pintu masuk ke Talaud. Paling penting adalah sosialisasi protap pencegahan harus sampai ke masyarakat agar antisipasi Covid-19 juga dipahami dan dapat diterapkan oleh seluruh masyarakat," ucap Parapaga.


Selanjutnya Parapaga setelah sebelumnya berkoordinasi dengan Bupati Elly E Lasut menerapkan lima strategi surveilans Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Talaud.


"Pertama screening seluruh pintu masuk ke kabupaten kepulauan talaud. Kedua surveilans di wilayah. Ketiga pencegahan penyebaran. Keempat menetapkan fasilitas rujukan bilamana terjadi kasus tetapi kita doakan dan kita kerja bersama agar tidak terjadi dan terakhir tentu kesiapan dana APBD untuk mendukung setiap langkah pencegahan yang sudah ditetapkan," pungkas Parapaga.


Bupati Elly E Lasut yang baru saja tiba dari Manado menegaskan protap pencegahan Covid-19 harus segera dimulai.


"Hand sanitaiser dan pendeteksi panas harus segera diadakan dan saya meminta dukungan Kodim, Lanal dan Polres dalam pelaksanaan langkah-langkah pencegahan. Yang paling penting kita semua yang hadir di rapat ini gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk kita bersama-sama mengantisipasi dan mencegah penyebaran Covid-19," terang Lasut.



Den-Dala
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Lasut-Parpaga Gerak Cepat Cegah Penyebaran Covid-19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan