Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Syarifudin Saafa:Harusnya Sampah di Kota Manado Diolah Bukan Dipindahkan

02/03/20, 22:00 WIB Last Updated 2020-03-03T02:43:37Z
adv google
Anggota DPRD Kota Manado, Syarifudin Saafa
Manado, Blitz - Persoalan sampah di Kota Manado merupakan permasalahan yang komplit, baik itu mulai dari penanganan ataupun solusi yang diupayakan pemerintah, permasalahan ini seakan tak berujung.

Terkait dengan hal ini, Anggota DPRD Kota Manado, Syarifudin Saafa, mengatakan bahwa persoalan sampah di Kota Manado, tidak akan pernah selesai dikarenakan cara penanganan yang tidak tepat.

"Saat ini penanganan sampah di Kota Manado salah. Cara yang digunakan Pemkot saat ini hanyalah memindahkan sampah, yakni dari TPSS ke TPA, harusnya sampah yang ada diolah bukan dipindahkan," tutur Saafa.

Politisi asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS), menguatarakan pendapat terkait solusi yang harusnya diambil pemerintah, demi mengatasi persoalan sampah.

"Pemerintah bisa melibatkan pihak swasta dalam menangani permasalahan sampah. Misalnya dengan membentuk Perusahaan Daerah (PD), dan join company dengan pihak swasta lokal, kemudian memberikan kewenangan kepada salah satu anak perusahaan, untuk mengelola sampah," jelasnya.

Ditambahkan, memberikan wewenang kepada pihak swasta untuk mengelola sampah, bisa menjadi solusi kreatif. Mengingat jika pihak swasta dilibatkan, semuanya akan dikelola secara profesional.

"Apabila persoalan sampah dikelola pihak swasta secara profesional, maka bisa menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomis. Hal ini bisa menguntungkan bagi masyarakat dan melahirkan PAD," ujar politisi yang terkenal vokal ini. 

Menurut legislator asal dapil Singkil Mapanget ini, dengan adanya PD yang mengelola sampah, masyarakat akan lebih sadar dan antusias dalam mengumpulkan sampah.

"Kan yang ada saat ini, warga hanya diminta untuk jangan membuang sampah sembarangan, tanpa adanya edukasi. Berbeda apabila ada PD yang menangani sampah, layaknya join Company antara Pemkot dan WMD dengan air bersihnya. Pastinya masyarakat akan berlomba-lomba untuk mengumpulkan sampah, lalu dijual ke perusahaan tersebut, kemudian diolah menjadi sesuatu yang lebih bernilai, dari situ mampu menghasilkan PAD, serta sampah di Manado berkurang," tandas Sekretaris Komisi II DPRD Kota Manado ini.

(Fangky Bukarakombang)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Syarifudin Saafa:Harusnya Sampah di Kota Manado Diolah Bukan Dipindahkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Iklan