Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Gerak Cepat, Wabup Parapaga Tangani Penyebaran Covid 19

07/04/20, 10:45 WIB Last Updated 2020-04-07T03:45:55Z
adv google
Rapat tim reaksi cepat pencegahan pandemi Covid 19 kabupaten kepulauan Talaud.




Melonguane, BLITZ--Wakil Bupati Kepulauan Talaud Moktar Arunde Parapaga, Senin (6/4) malam pimpin rapat tim reaksi cepat pencegahan pandemi covid 19 di Dinas Kesehatan.


Seusai agenda kerja yang padat sepanjang hari, Parapaga langsung menuju dinkes mendengarkan laporan dan evaluasi tim reaksi cepat dalam penanganan pandemi covid 19 di kepulauan Talaud.


"Sesuai hasil rapat dan sudah disiapkan Surat Keputusannya bahwa, pertama wajib ada tenaga kesehatan di setiap desa yg dibiayai dari dana desa. Yang kedua semua wajib menanam dalam rangka ketahanan pangan di masa penanganan wabah ini. Dan ketiga saya minta protap pencegahandijalankan secara optimal, termasuk peningkatan sosialisasi dan bangun kesadaran masyarakat yang dari melakukan perjalanan ke daerah episentri pandemi harus mengisolasi mandiri selama 14 hari. Dan terakhir wajib dipantau kedatangan warga dari luar Talaud di tiap desa," jelasnya.


Kadis kesehatan dr Kerry D Monangin kemudian menyampaikan apa yang sudah dilakukan oleh satgas maupun tim reaksi cepat sejauh ini.


"Screening oleh satgas dan TRC di setiap pintu masuk, baik dari daerah transmisi lokal terlebih khusus terhadap pelaku perjalanan dari daerah zona merah. Dan wajib bagi pelaku perjalanan utk isolasi mandiri. Selanjutnya berdasarkan instruksi untuk wajib menggunakan masker, khusus bagi masyarakat dapat memakai masker yang bisa dipakai lagi setelah dibersihkan dan disetrika. Hal ini perlu dijelaskan kepada masyarakat, jangan sampai semua mengarah ke Dinkes sebab yang disiapkan di Dinkes ialah masker untuk tim medis, satgas maupun tim reaksi cepat," ujar Monangin.


Sementara Kasdim Kodim 1312/Talaud Mayor Sigfried Panaha menyampaikan usulan menyangkut ketahanan pangan, pentingnya koordinasi lintas sektoral di tingkat kabupaten dalam rangka mempersiapkan semua hal menyangkut pencegahan dan penanganan Covid 19 di Kepulauan Talaud.


"Ada banyak lahan tanam yang bisa kita garap dengan menggunakan alat yang lebih besar seperti traktor dibanding masyarakat yang hanya bisa menggunakan cangkul. Kita bisa menanam Jagung, ubi kayu dan lainnya. Kemudian harus disiapkan pengamanan di gudang bulog dan peningkatan koordinasi lintas sektoral termasuk menggerakan Dinas Sosial dan Badan Penanganan Bencana Daerah untuk mengambil porsi lebih besar dalam penanganannya," tutur Panaha yang di respon langsung oleh Wakil Bupati untuk segera ditindak lanjuti.



Den-Dala
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gerak Cepat, Wabup Parapaga Tangani Penyebaran Covid 19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Iklan