Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Ini Kesiapan Talaud Menuju New Normal di Tengah Pandemi Covid 19

29/05/20, 08:51 WIB Last Updated 2020-06-01T01:45:53Z
adv google



Talaud, BLITZ--Pemkab Kepulauan Talaud menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintah Daerah Bersama FORKOPIMDA & BKSAUA bertempat di Aula Bapelitbang Kamis (28/5).

Rakor ini dilaksanakan dalam rangka menyambut 'new normal' di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Dalam sambutannya Bupati dr Elly Engelbert Lasut, mengatakan sesuai dengan perintah Presiden mengenai 'new normal' yang di maksud dalam suasana pandemi COVID-19 semua orang harus tetap produktif.

"Sehingga akan di buka kembali kesempatan untuk beraktifitas dengan cara pandang normal yang baru, menggunakan masker, cuci tangan, suhu badan di bawah 37,6 °c, mengatur jarak adalah hal yang normal," katanya.


Lanjutnya, meski ada kelonggaran dalam beraktifitas namun warga tetap diminta untuk menghindari kerumunan.

"Selain itu juga tidak boleh ada kerumunan orang di dalam ruangan tertutup dan juga harus ada yang tetap mengontrol masyarakat yang tidak tertib sesuai protokol pencegahan COVID-19," tuturnya.

Sementra itu  Kapolres Talaud  juga menyampaikan  pokok pikiran bahwa dalam memasuki new era nantinya  masyarakat harus memiliki kesadaran/ disiplin yang tinggi terhadap diri masing-masing.

"Dalam menyambut new normal di sampaikan juga untuk tiap tempat ibadah baik gereja atau mesjid wajib untuk menyiapkan Termogan untuk mengecek suhu tubuh jemaat/jamaah yang datang beribadah," ujar Kapolres.

Dalam kesempatan ini juga Wakil Bupati Kepl.Talaud, Moktar Arunde Parapaga menambahkan bila tempat ibadah akan di buka kembali maka jemaat juga menyediakan, Hand sanitizer, alat pengukur suhu, tempat/wadah cuci tangan, dan masker.

"Tempat ibadah di pastikan harus steril sebelum jemaat/jamaah datang beribadah . Pada kesempatan lainnya Kejari Melonguane menyampaikan bahwa harus ditekankan lagi mengenai Protokol Pencegahan COVID-19, dalam pelaksanaan Ibadah pada masing masing tempat Ibadah. Protab harus tetap di jalankan jangan sampai lengah dan membuat kita kecolongan. Kewaspadaan tetap terus di tingkatkan," tegasnya.


Dalam kegiatan tersebut Bupati merespon setiap saran/pendapat yang di sampaikan.

"Kiranya semua saran, masukan maupun pokok pikiran yang di sampaikan saat ini agar dapat di sosialisasikan kepada jemaat/jamaah tentang kesiapan menghadapi 'new normal'. Pemerintah Daerah memberikan waktu selama 1 minggu untuk sosialisasi. Adapun yg perlu di perhatikan yaitu kesiapan tempat duduk di atur sesuai protab, menggunakan masker, cuci tangan serta ada tim yg mengawasi di masing-masing tempat ibadah.Jika ada rumah ibadah yg belum siap maka belum bisa di buka untuk di adakan ibadah . Memastikan semua tempat ibadah siap dengan protokol kesehatan. Tempat ibadah juga harus memiliki tim satgas yg bertugas masing-masing bertanggung jawab untuk menggontrol jemaat yg masuk dengan menggunakan termogan, tempat cuci tangan & penggunaan masker," tambah Bupati.


Dalam rapat koordinasi ini pula, telah di laksanakan penandatangan kesepakatan bersama antara Kejaksaan Negeri Talaud dan Pemerintah Daerah Kab Kepl Talaud dalam hal ini Bupati mengenai pengawasan pengelolaan Dana Covid 19.

Dan dari Bank SulutGo cabang melonguane dalam rangka pencegahan Covid 19, melalui Dana CSR telah di serahkan bantuan berupa barang yaitu 11 unit tong air, 11 unit tempat cuci tangan, serta APD utk tenaga Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup. Bupati kepl.talaud menyampaikan Salut dan rasa terirmakasih atas kepedulian dari Bank Sulut. Bantuan ini lgsung di serahkan oleh Kepala Bank Sulut Melonguane Bpk Steven Rembet dan di terima oleh Bupati dan Wakil. bupati Kepl. Talaud.

Turut hadir juga Sekretaris Daerah bersama Assisten Tata Pemerintahan dan Kesra, Assisten Perekonomian dan Pembangunan, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, ketua umum  sinode Germita, Pdt.DR.Arnold Abass,  kepala  kantor Kementrian Agama Kab.Talaud (di wakili), dan para tokoh agama  (Pendeta, Gembala, Ustad, Frater).



*/shm
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ini Kesiapan Talaud Menuju New Normal di Tengah Pandemi Covid 19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Iklan