Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Hukum Tua Tondei Satu di Demo, Warga Ungkap ada Dugaan Korupsi

03/07/20, 10:06 WIB Last Updated 2020-07-03T03:13:41Z
adv google

Terkait aksi demo yang di lakukan masyarakat Tondei satu, pada Senin lalu sebagai Kordinator lapangan (Korlap) Swadi Sual angkat bicara.


Kepada www.ManadoBlitz.com Swadi mengatakan, bahwa aksi demo yang di lakukan masyarakat Tondei Satu adalah aksi tuntutan keadilan kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Tondei Satu dalam hal ini Hukum Tua Tondei satu Nitta Lumapow.


"Mewakili masyarakat desa Tondei satu agar kiranya  Badan Permusiawaratan Desa (BPD) agar melaporkan hasil temuan temuan yang di dapati oleh BPD antara lain maladministrasi dan indikasi korupsi oknum BPD dan Pemdes Tondei satu ke Polda Sulut," ujar Sual Jumat (3/7).


Dalam wawancara ini hadir juga Ketua BPD Tondei satu Hanly mogogibung, dan
Sekertaris BPD Ricki Manese.


Kepada Awak media Sekertaris BPD Ricki Manese juga mengungkapkan bahwa banyak temuan temuan serta keganjalan administrasi yang kami dapati oleh pemdes desa Tondei satu.

"Karena sebelumnya laporan administrasi Tahun 2018/2019 sebelumnya belum ada kepada BPD, dan itu kami dapatkan setelah membuat surat terbuka kepada Bupati dan difasilitasi pemkab minsel untuk Mediasi antara BPD dan Pemdes Tondei satu tepatnya pada tangal 02 juni 2020 dan di berikan pada tanggal 05 jun 2020  dikarenakan diminta waktu oleh pemdes setempat," ungkap Manese.


Lanjutnya, setelah terima dokumen yang di berikan dan di sinkronkan dengan data yang ada, ternyata ditemukan ada kejanggalan.


"Temuan yang kami dapati salah satunya adalah Laporan pertangung jawaban (LPJ) Tahun 2018 itu tentang program kerja pembangunan talut, tidak sesuai dengan apa yang kami cermati dari dokumen dan data yang ada. Dan lebih miris lagi temuan yang kami dapati Lpj tahun 2018 yaitu pembuatan gapura yang mana terulis dalam dokumen telah terbayar namun pembuatan fisiknya tidak perna ada hinga kini tutur ricki dengan," katanya.


Sebagai Sekertaris BPD desa Tondei Satu bersama Ketua BPD Hanly Mogogibung, keduanya bersepakat untuk membawa persoalan tersebut ke ranah hukum.


"Kami memutuskan akan melaporkan  juga temuan temuan yang kami dapati, dan data itu sudah kami siapkan untuk melaporkan kasus ini ke Rana Hukum," tegasnya.


Pada saat itu juga beberapa awak media langsung menghampiri kediaman Hukumtua desa Tondei satu untuk keperluan konfirmasi hal ini, namun saat itu bliau tidak berada di Rumah.




Herdy Wauran/dw
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hukum Tua Tondei Satu di Demo, Warga Ungkap ada Dugaan Korupsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Iklan