Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Kadis Kesehatan Helny Ratuliu Imbau Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

10/09/20, 00:40 WIB Last Updated 2020-09-09T17:42:34Z
adv google





ManadoBlitz.com, Ratahan - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dr Helny Ratuliu mengajak seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penyebaran covid19 di daerah tersebut.


Dikatakan Ratuliu, selain terus menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), kebiasaan rutin mencuci tangan secara baik dan benar, menjaga jarak aman dengan orang lain, dan memakai masker wajib untuk selalu diterapkan.


Menurut Ratuliu, selain beberapa imbauan prokes diatas, warga diharapkan mematuhi protokol kesehatan baru yakni protokol VDJ (Ventilasi-Durasi-Jarak) yang efektif dalam mengurangi risiko penularan covid19 terutama saat beraktivitas.


"Jangan bawa transmisi virus ke rumah dan keluarga. Sayangi keluarga dengan mematuhi seluruh protokol kesehatan, mematuhi protokol VDJ (Ventilasi-Durasi-Jarak), dan usahakan beraktivitas di luar rumah untuk hal esensial saja," imbau Ratuliu melalui rilisnya kepada Media ini, Selasa (8/9/2020).


Lebih lanjut ditambahkan Ratuliu, berdasarkan data yang ada, sebesar 80 persen penderita covid19 adalah asymptomatic (tak bergejala) atau OTG. Karena itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat Mitra selalu disiplin dalam menerapkan seluruh protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.


VDJ adalah singkatan dari Ventilasi-Durasi-Jarak. Tiga aspek ini penting untuk diketahui sebagai cara mengurangi risiko Covid19. Berikut penjelasannya:


Ventilasi

Jauhi ruangan dengan ventilasi yang buruk. Hal ini dikarenakan risiko penularan COVID-19 akan lebih rendah jika adanya sirkulasi udara segar dalam sebuah ruangan dibanding dengan udara di ruangan tertutup dan berpendingin. 


Durasi

Virus COVID-19 dapat menular dari percikan yang dikeluarkan melalui mulut dan hidung saat bernapas, berbicara, bersin, dan batuk. Maka itu, masyarakat dianjurkan untuk memakai masker saat bepergian ke luar rumah. 


Selain pemakaian masker, masyarakat diimbau untuk menerapkan durasi berinteraksi dengan orang, terutama saat berbicara maksimal 15 menit. Hal ini dikarenakan aktivitas berbicara berpotensi mengeluarkan percikan baik percikan besar atau kecil yang tak kasat mata, sehingga masyarakat perlu ekstra berhati-hati. 


Padukan penerapan durasi saat berinteraksi dan kewajiban pakai masker untuk pencegahan penularan COVID-19 lebih optimal. 


Jarak

Menjaga jarak aman yakni jarak fisik dan sosial masih menjadi salah satu cara efektif mencegah penularan virus. Pastikan untuk memberi jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain saat beraktivitas maupun berinteraksi. 


Efektivitas pencegahan sangat bergantung pada kedisipilinan masyarakat. Maka itu, setiap orang diharapkan dapat menerapkan protokol VDJ ini dalam kehidupan sehari-hari.


Imbangi juga penerapan protokol kesehatan dengan gaya hidup yang mampu memperkuat imun tubuh, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, meminum suplemen tambahan sesuai anjuran dokter, merencanakan jadwal olahraga rutin, istirahat dan tidur cukup, serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Mari sadar dan peduli untuk kesehatan dan keamanan bersama. 




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kadis Kesehatan Helny Ratuliu Imbau Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Iklan