Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Penghapusan Pembagian Kelas Diminta Diikuti juga Pembebasan Iuran BPJS

20/09/20, 11:03 WIB Last Updated 2020-09-20T04:03:04Z
adv google


JAKARTA, BLITZ--Pemberitaan terkait akan diterapkan Kelas standar dalam kepesertaan BPJS Kesehatan mulai 2021 diakui oleh Komunitas Peduli BPJS Kesehatan sebagai langkah progresif. 

Juru Bicara Komunitas Peduli BPJS Kesehatan, Johan Imanuel mengatakan penerapan kelas standar dalam kepesertaan BPJS Kesehatan tentunya merupakan langkah progresif dari BPJS Kesehatan.

"Akan tetapi menjadi pertanyaan bagaimana perhitungan iuran kepada Peserta BPJS Kesehatan? Kalau ternyata malah kembali disesuaikan dan lebih tinggi justru malah menjadi persoalan baru," kata Jhon.

Karenanya dibutuhkan penerapan pembebasan iuran BPJS.

"Sehingga alangkah baiknya dibarengi juga penerapan kelas standar dengan pembebasan iuran bagi semua peserta mandiri BPJS Kesehatan," ujarnya.

Lanjutnya, langkah progresif sebaiknya harus secara total sehingga dapat diterima oleh seluruh masyarakat. 

"Hal ini demi menegaskan yang telah dikemukakan dalam penjelasan umum UU BPJS yang menyatakan Sistem jaminan sosial nasional merupakan program negara yang bertujuan memberikan kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 28H ayat (1), ayat (2), dan ayat (3) dan Pasal 34 ayat (1) dan ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945," tutupnya.

Untuk diketahui Komunitas Peduli BPJS Kesehatan adalah Komunitas Advokat yang menjadi pemerhati BPJS Kesehatan yang di inisiasi oleh Johan Imanuel dan tim.






Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Penghapusan Pembagian Kelas Diminta Diikuti juga Pembebasan Iuran BPJS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Iklan