Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Siltap Jadi Pembahasan Penting Musrenbang Kecamatan Kalawat

24/02/21, 21:02 WIB Last Updated 2021-02-24T14:02:20Z
adv google

 

Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Kalawa.(ist)


MINUT, BLITZ--Permasalahan akan sering terlambatnya penyaluran Siltap bagi perangkat desa, menjadi hal penting dalam pembahasan di Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Kalawat, Rabu 24 Februari 2021, di kantor kecamatan setempat. 


Hal tersebut pun disampaikan oleh sejumlah Hukum Tua (Kumtua) yang turut hadir dalam kegiatan itu. 


"Kebanyakan usulan mengenai dana Siltap. Karena penyalurannya sering terlambat," ujar Camat Kalawat, Alexander Warbung Sip kepada wartawan usai kegiatan Musrenbang.


Warbung mengatakan, untuk poin-poin usulan desa lainnya berupa pembangunan desa, nantinya akan diperjuangkan di tingkat kabupaten lewat penyediaan anggaran. 


"Poin-poin usulan ini nantinya akan di pilah dikarenakan tidak semuanya akan di biayai oleh pemerintah daerah," ungkap Warbung. 


Sementara itu, Plh Bupati Minut Jemmy Kuhu MA dalam sambutannya juga mengatakan semua poin-poin usulan tersebut tidak semua akan di masukan dalam anggaran Pemkab Minut. Salah satunya adalah pembuatan jalan yang bisa saja berhubungan dengan pembiayaan dari APBD Pemerintah Provinsi Sulut dan APBN pemerintah pusat. 


"Untuk pembangunan cukup dicari yang diprioritaskan dikarenakan keterbatasan anggaran daerah. Jadi untuk usulan-usulan sebelumnya tidak heran jika diusulkan berulang-ulang kali karena belum terpenuhi lewat musrenbang lalu," kata Jemmy kuhu MA. 


Salah satu anggota DPRD Minut Dapil Kalawat, Stendy Rondonuwu mengatakan, bahwa pihaknya siap untuk mengawal aspirasi masyarakat yang telah disampaikan dalam Musrenbang Desa hingga tingkat kecamatan. Apalagi terkait soal Siltap, maka diusulkan agar mengikuti Upah Minimal Provinsi (UMP). 


"Usulan di Musrenbang ini akan dipilah karena bisa saja dianggarkan lewat Dandes, APBD Minut, APBD Sulut, APBN hingga proposal. Intinya kami akan kawal itu semua, terlebih khususnya soal Siltap ini dimana kalau bisa mengikuti UMP," tambahnya.


Dalam kegiatan ini turut hadir 12 Hukum Tua (Kumtua), Kapolsek Airmadidi, Danramil serta perwakilan SKPD terkait. Rencananya, poin-poin usulan Musrenbang tingkat kecamatan ini akan dibahas dalam Musrenbang Tingkat Kabupaten Minut pada bulan Maret mendatang.



Nicky Salu


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Siltap Jadi Pembahasan Penting Musrenbang Kecamatan Kalawat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan