Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Kadis PMD Mitra Monitoring Evaluasi Desa Tingkat Kecamatan di Desa Ponosakan Belang

18/03/21, 18:46 WIB Last Updated 2021-04-14T02:41:03Z
adv google

Kepala Dinas PMD Mitra, Arnold Mokosolang Bersama Hukum Tua Erwin Kandou dalam kegiatan Evaluasi Desa Tingkat Kecamatan di Desa Ponosakan Belang.

Ratahan -- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Arnold Mokosolang lakukan giat Monitoring Evaluasi Desa Tingkat Kecamatan.


Evaluasi sendiri dilakukan dengan beberapa tahapan/langkah di antaranya, lewat rapat koordinasi evaluasi dan lomba desa.



Kepala Dinas PMD Mitra Arnold Mokosolang mengatakan kegiatan Evaluasi ini untuk bentuk tolak ukur kemajuan desa.


"Evaluasi dalam setiap tahunya ini agar bisa menjadi tolak ukur mengenai kemajuan Desa" kata Mokosolang.



Ia menerangkan, mengembangkan desa dan kelurahan, harus diawali dengan membangun persamaan pemahaman dan presepsi yang sama tentang antarsemua pihak baik pemerintah dan desa.


“Rakor tersebut untuk mengidentifikasi masalah-masalah atau kendala-kendala yang ada di lapangan,” kata Mokosolang.


Dengan begitu, masalah dan tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan desa dapat teridentifikasi, kemudian diikutkan dengan solusi terhadap penyelesaian masalah tersebut.


Hal itu untuk mendongkrak upaya menuju desa yang kuat, mandiri dan berdaya saing yang diperlukan keseriusan semua pihak untuk bekerja secara optimal, dengan mengaplikasikan kebijakan yang telah tersusun.


Langkah evaluasi lainnya adalah melalui lomba desa, dengan tujuan mendorong dan mengoptimalkan potensi yang ada di wilayahnya serta usaha pembangunan yang dilaksanakan masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri.


“Lomba desa merupakan media pendorong bagi saudara-saudara kita di desa. melalui lomba desa terlihat kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat serta daya saing desa dan kelurahan. hal ini dapat terlihat karena sebelum mengikuti lomba desa harus terlebih dahulu melalui tahapan evaluasi diri di desa dan kelurahan masing-masing,” sebutnya.


Lebih lanjut, Kepala Dinas PMD mengharapkan melalui kegiatan perlombaan Desa juga bisa menjadikan motivasi ataupun sebagai pembinaan agar Desa lebih bisa menerapkan dan mengikuti perkembangan.

 

Diungkapkan juga melalui evaluasi dan penilaian Perkembangan secara bertahap, Desa lebih mempunyai skala dan tahapan agar tingkat perkembangan pembangunan bisa nampak dan di rasakan oleh masyarakat.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kadis PMD Mitra Monitoring Evaluasi Desa Tingkat Kecamatan di Desa Ponosakan Belang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Iklan