Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Sekolah Adiwiyata, Kadis DL Akui Dilaksanakan Dengan Pembinaan Secara Komprehensif

02/04/21, 19:19 WIB Last Updated 2021-04-02T12:19:51Z
adv google




MINSEL, BLITZ--Penyerahan  Penghargaan Bupati Minahasa Selatan dari Gubernur Sulawesi Utara kepada Sekolah Adiwiyata Tingkat Propinsi, Kepala dinas Lingkungan Hidup Roi Sumangkut berikan Laporan Singkatnya Kamis (01/04/21).


Dalam sambutanya Sumangkut memberikan laporan terkait prestasi yang di raih Sekolah-sekolah Adiwiyata.


"Kegiatan ini di laksanakan dengan tahapan sosialisasi pembinaan dan penjaringan, melalui tahap itu secara Komprehensif dan terpadu dari berbagai stakeholder terkait, maka pada tahun 2016 kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Mendapatkan predikat sekolah Adiwiyata Nasional  Smp N 6 Ranoyapo," ujar Sumangkut di SD Inpres Tumpaan Satu kecamatan Tumpaan. 

 

"Pada tahun 2017 mendapatkan predikat Adiwiyata mandiri untuk SD N 2 Amurang, yang telah di serahkan langsung oleh presiden repoblik Indonesia," imbuhnya.


Lanjut Sumangkut pada saat ini di ikut sertakan dalam penjaringan Aseon Eco School oleh Kementrian lingkungan hidup dan kehutanan Republik Indonesia.


Sepanjang tahun 2016 sampai dengan 2019 kabupaten Minsel mendapatkan predikat sekolah Adiwiyata tingkat Propinsi yang akan dilanjutkan pada tingkat Nasional, di antaranya SMA 1 Motoling, Sd Gmim Bitung, Sd Gmim Boyong Atas,  Sd Gmim Pondang, SD N 3 Amurang, SD Gmim Ranimoya, SMPN 1 Tenga, dan SD Gmim Buyungon. 


Sumangkut juga memaparkan bahwa untuk hari ini ada Tiga Sekolah yang akan menerima Penghargaan, serta ada beberapa sekolah dalam tahap pembinaan. 


Untuk saat Ini yang akan menerima penghargaan tingkat Propinsi dan akan di persiapkan di tingkat Nasional adalah:


1.SD Gmim Lelema

2.SD Inpres Tumpaan Satu dan

3.SD Gmim Tompaso Baru


Untuk Adiwiyata tingkat kabupaten sampai dengan saat ini, ada beberpa sekolah yang sementara dalam pembinaan untuk di lanjutkan ke tingkat propinsi, di antaranya


1.SD Gmim Lopana

2.SD Inpres Lopana

3.SD Negri 1 Amurang

4.SD Gmim Amurang

5.SD N 5 Amurang

6.SD N 4 Amurang

7.SD Inpres Pondang

8.SD inpres Amurang

9.SD N Ranoketang Tua

10.SD inpres Rumoong Bawa

11.SMP N 1 Tumpaan

12.SMP N 1 Ranoyapo

13.SD Gmim Sion Raanan Baru

14.SD inpres Lelema

15.SD Gmim 1 Tumpaan

16.SD Gmim 2 Tumpaan

17.SD Inpres Kapitu


Melihat besarnya manfaat kegiatan ini, sehingga Bapak Bupati Minsel Franky D Wongkar SH., berkerinduan agar keikut sertaan sekolah dalam program Adiwiyata paling sedikit 50% dari jumlah sekolah yang ada di kabupaten Minsel yang ada atau paling sedikit berjumlah 182 Sekolah, dari jumlah Total 363 sekolah SD, SMP, dan SMA.


Untuk Mewujudkan tujuan tersebut maka perlu kerja sama yang baik dari berbagai Stakeholder terkait, walaupun di akui bahwa angaran program adiwiyata dinas lingkungan hidup, sejak tahun 2020 mengalami Rasionalisasi Revocusing Anggaran, tapi Output  terhadap kegiatan ini tetap harus di hasilkan. Ucap Sumangkut


Sementara itu Bupati dalam sambutanya menjelaskan terkait Refocusing tidak menjadi sebuah halangan untuk sekolah yang berprestasi. 


Tentunya dalam kondisi mengahadapai masa pandemi Covid 19 ada Refokusing, namun itu tidak mempengaruhi.


"Pak Kadis, kita harus punya tekat kita harus punya komitmen bahwa sekolah-sekolah yang berprestasi berkaitan dengan penghargaan Adiwiyata itu, harus kita bantu dan fasilitasi agar sekolah-sekolah ini akan mendapat prestasi," ujar Bupati FDW.


Hadir bersama Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili oleh Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Hidup Dinas Lingkungan Hidup Prov. Sulut Arfan Basuki, SH., Wakil Bupati Minahasa Selatan Pdt. Petra Yani Rembang, Sekretaris Daerah Kab. Minsel Denny Kaawoan, SE, MSi., para Asisten Sekretaris Daerah Kab. Minsel, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Minsel, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga  Kab. Minsel, Kapolsek Tumpaan AKP. Karel Lasut dan Kepala-kepala Sekolah terkait.



Herdy Wauran

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sekolah Adiwiyata, Kadis DL Akui Dilaksanakan Dengan Pembinaan Secara Komprehensif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan