Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Kemenparekraf Gelar Pelatihan Dasar Pengelola Home Stay Bagi Pelaku Wisata Desa Likupang

25/05/21, 20:20 WIB Last Updated 2021-05-25T13:20:16Z
adv google

 



MINUT, BLITZ--Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) gelar pelatihan dasar homestay bagi pelaku usaha wisata guna meningkatkan kapasitas pengelola homestay dalam rangka pengembangan desa wisata di Destinasi Super Prioritas (DSP) Likupang, yang digelar di Pendopo Kantor Bupati Minut, Selasa (25/5/2021). 


Pelatihan yang turut dihadiri oleh Direktur Pengembangan Destinasi 2 Kemenperkraf RI Wawan Gunawan, Kepala Dispar Sulut Henry Kaitjili serta sejumlah desa wisata di Likupang dengan moderator Kepala Dispar Minut Audy Sambul, narasumber sekaligus pemerhati pariwisata Jhoni Pinaria dan pemateri Suryani Utami Thalib dari BP2P Wilayah Sulawesi 1.


Dalam kegiatan ini, Kepala Dispar Minut Audy Sambul menyambut baik adanya kegiatan ini.


Untuk itu, dirinya mengharapkan kiranya adanya persatuan dari pelaku usaha homestay dalam penentuan soal tarif, sumber daya manusia (SDM) serta tata tertib bagi penghuni. 


"Ramah tamah harus kita jaga dan juga pelayanan harus maksimal kepada tamu," jelas Sambul.


Sambul pun mengharapkan agar usaha ini bisa melibatkan masyarakat dan pemerintah desa. 


Sebab, tanpa dukungan masyarakat dan pemerintah desa, maka keamanan dan ketertiban bagi tamu yang datang akan sangat berpengaruh. 


"Tak lupa juga soal pembagian hasil dengan pemerintah desa. Ini perlu karena pemerintah desa akan menjamin soal keamanan dan kenyamanan tamu yang datang berkunjung dan menginap," tambahnya.


Sementara itu, Direktur Pengembangan Destinasi 2 Kemenperkraf RI Wawan Gunawan mengatakan jika kegiatan ini merupakan wujud nyata dan komitmen pemerintah pusat dan daerah untuk membuat daerah Likupang lebih dikenal oleh dunia. 


Ini juga merupakan komitmen dari Bupati Minut Joune Ganda SE yang terlihat dimana sudah 2 kali mendatangi Kemenparekraf RI guna memperjuangkan KEK Pariwisata Likupang bisa mendapat perhatian pemerintah pusat. 


"Program KEK Pariwisata Likupang ini akan kami kawal bersama dengan kementerian dan lembaga lainnya," tambahnya.




Penulis: Nicky Salu

Editor: Redaksi


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kemenparekraf Gelar Pelatihan Dasar Pengelola Home Stay Bagi Pelaku Wisata Desa Likupang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan