Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

GAMKI dan PIKI Mitra Gelar FGD Bahas Perkonomian

11/06/21, 17:15 WIB Last Updated 2021-06-11T10:16:31Z
adv google


RATAHAN
— 
Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) bersama Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Minahasa Tenggara meggelar Focus Group Discusion (FGD, Jumat (11/6/2021).


Mengangkat tema Menggerakan Roda Perkonomian Kabupaten Minahasa Tenggara ditengah Pandemi Covid-19. FGD tersebut memghadirkan Wakil Ketua PIKI Sulut DR Een Walewangko.


Dalam materinya, akademisi Unsrat ini memaparkan situasi dan kondisi perekonomian pada situasi terkini. "Pandemi memberikan dampak besar. Dari semua agen ekonomi baik dari konsumen dan lainya merasakan," ungkapnya Kaprodi


Namun untuk Mitra sendiri, Walewangko mengungkapkan pada beberapa sektor saat ini mengalami tren yang positif. "Pertanian dan kontruksi mengalami pertumbuhan yang positif. Ini sektor yang bertahan menguatkan pertumbuhan ekonomi," ujar Kaprodi Magister Ilmu Ekonomi Unsrat ini.


Hal tersebut, menurut Walewangko tidak lepas dari peran teknologi informasi dan komunikasi. "Jadi ini menjadi tantangan untuk GAMKI hadir dan memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi secara langsung. Diantaranya engan menjadi petani dan nelayan milenial." Ungkapnya.


Sementara itu Ketua PIKI Mitra Novie Legi ST MM mengatakan, FGD ini dilaksanakan untuk memberikan penguatan wawasan ekonomi. "PIKI hadir untuk menjadi bagian dalam menguatkan wawasan dan kapasitas kader GAMKI," ungkapnya.


Selain itu, Legi yang juga Kadis Perkim Mitra ini menambahkan FGD ini bukan awal dan akhir. "Ini harus ada tindak lanjut dengan terlebih untuk para pemuda yang memiliki semangat." Ujarnya.


Sementara itu, Lucky Mamahit yang juga ketua GAMKI Mitra mengungkapkan sektor pertanian kelapa yang menjadi penopang tertinggi pertumbuhan ekonomi Mitra patut mendapat perhatian lebih.


"Banyak faktor pertumbuhan perkonomian, tapi data menyebutkan sektor pertanian memiliki peran strategis untuk pertumbuhan ekonomi. Ini berarti sentuhan modernisasi dan teknologi pertanian perlu semakin diperkuat. Terlebih pengolahan kelapa yang kurang mendapat sentuhan teknologi pertanian," ungkapnya.


Sementara itu, Jonly Ampow yang juga bagian dari PIKI Mitra menanggapi diskusi tersebut. Mantan Sekretaris KNPI Mitra ini menyebutkan Pemda Mitra terus menghadirkan program unggulan untuk menguatkan perekonomian masyarakat.


"Banyak program dari pemerintah. Tapi pemuda juga harus kreatif dan memaksimalkan peluang yang ada. Terlebih program pemerintah bersifat stimulan untuk memerikan penguatan kepada pelaku usaha atau kelompok-kelompok" ungkapnya.


Disisi lain, salah satu peserta Yanes Kindangen memberikan pengalaman terdampak pandemi pada usaha peternakan yang pernah mengalami masa sulit diawal pandemi. 


"Dimana harga daging pernah turun drastis karena kurangnya permintaan. Tapi dengan kebijakan yang terus diperbaiki. Kita mulai bangkit lagi. Sehingga diskusi seperti ini menjadi penting terlebih dalam perubahan sistem pasar," ujarnya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • GAMKI dan PIKI Mitra Gelar FGD Bahas Perkonomian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Iklan