Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Pemdes Molompar Satu Gelar Musdes Bahas Penyusunan RKPDes 2022

09/07/21, 22:00 WIB Last Updated 2021-07-09T15:02:36Z
adv google




RATAHAN— Pemerintah Desa Molompar Satu, Kecamatan Tombatu Timur menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) , dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2022.


Rapat dipimpin langsung Hukum Tua Ferri Lumintang , didampingi Ketua BPD, bersama Sekretaris Desa. rapat diikuti perangkat desa, BPD, pendamping desa, perwakilan masyarakat, ketua PKK, serta yang bertugas dalam penyusunan RKPDes.


Hukum Tua menjelaskan bahwa Pemerintah Desa menyusun RKPDes sebagai penjabaran RPJM Desa.RKPDes disusun oleh Pemerintah Desa sesuai dengan informasi dari pemerintah daerah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) berkaitan dengan pagu indikatif Desa dan rencana kegiatan Pemerintah Desa, dan Pemda Kabupaten Mitra.


“RKPDes menjadi dasar penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Karena itu, Hukum Tua menyusun RKPDes dengan mengikutsertakan masyarakat Desa Molompar Satu," ungkap Lumintang


Lumintang memaparkan, sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa, tahapan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dimulai dengan penyusunan perencanaan, pembentukan Tim Penyusun RKPDes, Pencermatan Pagu Indikatif Desa dan Penyelarasan Program/Kegiatan Masuk ke Desa, Pencermatan Ulang RPJM Desa, Penyusunan Rancangan RKPDes, dan Penyusunan RKPDes melalui Musyawarah Desa.


“Ini yang dibahas dan disepakati bersama oleh kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD)untuk ditetapkan menjadi peraturan Desa tentang RKPDes,” pungkas Lumintang.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemdes Molompar Satu Gelar Musdes Bahas Penyusunan RKPDes 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Iklan