Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Bisnis Online Dimasa Pandemi Covid-19

12/10/21, 09:37 WIB Last Updated 2021-10-12T02:37:45Z
adv google

 


Oleh: Bayumi Ticoalu, Mahasiswa Universitas Negeri Manado

NIM: 21304177

Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi

 

Bisnis Online adalah sebuah bisnis yang di jalankan oleh seseorang mengandalkan internet dengan perangkat kerja seperti komputer, laptop, netbook dan smartphone.


Di masa Pandemi apalagi saat PPKM ini bisnis online sangat diminati karena mempermudah dalam melakukan transaksi pembelian atau penjualan tanpa datang langsung ke toko ataupun tempat berjualan.


 Berbisnis secara online juga terbilang sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya diantaranya untuk menyewa ruko, membeli stok barang, membayar karyawan dan lain sebagainya.


 Saat ini bisnis online sedang banyak di minati oleh banyak orang terutama mahasiswa yang membutuhkan pemasukan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dan bisa menambah biaya untuk perkuliahan tanpa menyusahkan orang tua.


 Bisnis online bisa juga dianggap sebagai solusi yang aman untuk berjualan tanpa adanya kontak fisik dani kebutuhan pelanggan tetap terpenuhi serta aman dari virus Corona yang masih merajalela.


Ada beberapa jenis bisnis online baik itu produk ataupun jasa yang ditawarkan, contohnya berjualan pakaian, produk kesehatan, makanan, kecantikan, pulsa listrik maupun telepon, desain dsb. Agar bisnis online bisa berkembang dengan baik serta bisa menarik pelanggan kita harus menerapkan pertama sistem Excelent Customer Service, menjaga mutu dan kualitas produk yang kita jual sehingga bisa menarik pelanggan yang tadinya hanya buyer atau pembeli sekali menjadi customer atau pelanggan tetap. 


Faktor yang mendukung bisnis online ada beragam, kita sebagai penjual atau seller kita harus memperhatikan target pasar bisnis, membangun reputasi melalui ulasan serta testimoni, mempermudah sistem pembayaran, memberikan garansi serta kreatif dalam promosi jangan lupakan juga kita harus melihat produk atau jasa apa saja yang sedang trending atau high demand yang sedang laris dipasaran.


Cara memasarkan produk online beragam ada yang dipasarkan lewat social media dan ada juga yang melalui e-commerce. Sebagai Mahasiswa ataupun pemula dalam bisnis online, kita bisa menerapkan soft selling yang artinya kita menawarkan sesuatu yang lain terlebih dahulu, baru setelahnya menawarkan produk kita secara halus atau bisa dikatakan sebagai metode pendekatan penjualan yang menggunakan tutur bahasa secara halus. Soft selling adalah teknik penjualan paling berpengaruh dalam penjualan online untuk membantu mendorong penjualan berulang.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bisnis Online Dimasa Pandemi Covid-19

1 komentar:

Terbaru

Topik Populer

Iklan