Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Pemdes Ranoketang Tua Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa

03/11/21, 19:30 WIB Last Updated 2021-11-03T12:30:14Z
adv google
MINSEL, BLITZ-Pemerintah Desa (Pemdes) Ranoketang Tua, Kecamatan Amurang Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Prangkat Desa.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) kantor Hukum Tua Desa Ranoketang Tua Rabu (03/11/2021).


Dalam kegiatan tersebut Pemdes Ranoketang Tua menghadirkan tiga Narasumber antara lain Camat Amurang Rommy Rumagit S.sos, Staf khusus Bupati Minsel Bidang E-Government dan Pelayanan Publik Hangga Sariowan SH dan Erwin Tampi SE dari Dinas PMD.

Hukum Tua Desa Ranoketang Tua Ferderik Ulaan dalam sambutanya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan pelatihan tersebut merupakan wujud visi dan misi bupati dan wakil bupati Minsel.


"Ini adalah satu bagian  mewujudkan misi dari Bupati dan Wakil Bupati Minsel, Franky D Wongkar SH dan Petra Y Rembang M.Th  yakni. Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat dan berdaya saing," katanya.

Lebih dari pada itu dia harapkan para peserta yang ikut pelatihan agar betul-betul mengikuti kegiatan ini dengan benar dan mampu memahami akan materi yang akan di berikan oleh Narasumber. 
Agar nantinya apa yang di sampaikan dapat di terapkan sebagai mana Tugas Fungsi dan Pokok (Tupoksi) dari perangkat Desa.


"Kepada teman-teman prangkat desa yang ikut dalam kegiatan ini,  saya harapkan materi yang di berikan oleh Narasumber, itu dapat di mengerti dan di pahami, supaya apa yang kalian serap dari pembicara, itu dapat di terpkan sebagai mana tupoksi kalian jika tidak mengerti tanyakan dan jangan malu jika tak paham," tegas Ulaan.

Sementara itu Hangga Sariowan selaku staf Bupati, sebelum memberikan materi terkait apa itu E-Government ia menjelaskan bahwa kegiatan yang di laksanakan ini juga selain meningkatkan kapasitas prangkat desa, ini juga untuk menambah kapabilitas prangkat itu sendiri. 

"Menjadi prangkat desa dimana menjadi seorang babu (Pelayan) dalam arti Pelayan untuk masyarakat," katanya lagi.

Dalam menyampaikan materi Sariowan juga menjelaskan bahwa apa itu E-Government.

"Government adalah pemerintah atau pemerintahan sedangkan E adalah Elektronik artinyat E-Government adalah Pemerintahan berbasiskan Elektronik dalam sistem informatika," jelas Hangga.

Sariowan juga menjelaskan bahwa hadirnya E-Government bukan hanya sekedar dan semau bupati ataupun Gubernur bahkan Presiden. Namun ini ada landasan hukumnya. 

"Hal ini didasari oleh UUD 1945 Pasal 28F yang berbunyi Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia," jelasnya lagi.

Lebih jauh dari itu hangga juga berharap adanya pelatihan ini prangkat desa sudah mampu dan bisa dalam menjalankan sistem kerja berbasis elektronik dalam berupaya mempermudah pelayanan masyarakat yang ada di Desa.

Taklupa juga selain memberikan materi agar mudah untuk terus di pelajari, Sariowan juga tak lupa memberikan Pertinggal (arsip) materi untuk di bagikan kepada prangkat Desa untuk di baca dan di pelajari kembali.

Dalam kegiatan ini Selain tiga narasumber yang hadir, turut hadir juga Benny Mintje selaku pendamping Desa.



Penulis: Herdy Wauran

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemdes Ranoketang Tua Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan