Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

HUT Kabupaten ke-19, FDW: Minsel Adalah Tanah yang Diberkati

27/01/22, 18:43 WIB Last Updated 2022-03-02T07:44:23Z


Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, saat menyampaikan sambutan diacara paripurna DPRD Kabupaten Minsel.(ist)


MINSEL, BLITZ--Bupati Minahasa Selatan Franky D. Wongkar, SH, menjadi Inspektur Upacara dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-19 kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Kamis (27/01/2022).


Upacara yang di langsungkan di lapangan kantor bupati Minahasa Selatan itu, meski dengan penerapan protokol kesehatan namun kegiatan yang di langsungkan berjalan dengan khidmat. 




Bupati Franky dalam sambutanya mengatakan, 19 tahun sudah Kabupaten Minsel menjadi daerah otonom.


"Perjuangan suka dan duka, pahit dan manis, cucuran air mata telah dilewati. Saat ini tengah menikmati kemajuan demi kemajuan yang pertanda bahwa Minsel adalah tanah yang di berkati sehingga patutlah kita menaikan syukur kepada Tuhan yang maha Esa," ujar FDW.


Peringatan hari jadi ke 19 di tahun 2022 atanya, merupakan momentum kebangkitan dari situasi sulit akibat pandemi Covid-19 yang melanda dalam kurun waktu dua tahun terakhir dan masih berlangsung sampai pada saat ini.


"Oleh karna itu baik pemerintah tingkat pusat sampai daerah mengeluarkan berbagai macam kebijakan untuk mengurangi menanggulangi penyebaran covid-19 serta kebijakan yang bersifat penanggulangan dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi," katanya.




Berangkat dari hal tersebut Kabupaten Minsel telah mencanangkan tahun 2022 sebagai tahun "MARIJO BA TANAM" dengan optimise bahwa sektor pertanian dan perkebunan mampu menjadi batu pijakan bagi pemulihan dan peningkatan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. 


"Sejalan dengan itu perayaan hari jadi Minahasa Selatan yang ke 19 di tahun 2022 yang mengusung tema "Bersama Membangun Perubahan" hendaknya menumbuhkan semangat kita bersama untuk membangun Minahasa Selatan di berbgai Sekotor," katanya lagi.


Gerakan "Marijo Ba Tanam" menurutnya, merupakan langkah awal bagi untuk melakukan gerakan perubahan ke arah yang lebih baik dalam berbagai aspek.


Dia juga mengajak untuk membuka wawasan baru dalam menerjemahkan semangat "Marijo Ba Tanam" untuk mendukung pencapaian lima misi pemerintah daerah diantaranya:




1.Marih menanam benih "Kerja Keras, profesional, berintregritas dan berkinerja yang dibarengi dengan takut akan Tuhan dalam tanggung jawab kita bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan di Minahasa Selatan, serta menanamkan karekter budi pekerti sejak dini kepada generasi muda kita untuk " Meningkatkan sumber daya manusia yang berdaya saing"


2.Marih menanam semangat gotong royong dalam meningkatan dan mengelolah berbagai potensi daerah berupa sumber daya alam antara lain. Pertanian, perkebunan, perikanan dan potensi di bidang parawisata yang ada di Minahasa Selatan "Untuk mewujudkan kemandirian ekonomi melalui sektor agribisnis dan parawisata"


3.Mari menanam benih Komitmen mengoptimalkan sumber daya, dan dana secara efektif dan efisiaen " Untuk mengembangkan wilaya dengan prinsib pembbanguna berkelanjutan"


4.Mari menanam benih ketulusan hati untuk mengapdi kepada masyarakat,berkontribusi dalam setiap program pemerintah, di berbagai bidang dan berjuang sungguh-sungguh " Untuk meningkatkan pemerintah kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan"




5.Mari menanam benih kebersamaan dan kekompakan mengubah team work menjadi super team work, menanam benih kepatuhan pada peraturan, berdisiplin meningkatkan kapasitas dan kopetensi diri "Untuk Memantapkan Menenjemen Birokrasi yang Propesional melalui Tatakelolah Pemerintahan yang Baik"


"Jika kita menanam ini semua dengan kesungguhan hati, memupuk dengan doa dan merawat dengan kerja keras niscaya kita akan menuai Minahasa Selatan Maju Berkepribadian dan Sejahtera," akunya.


Mengakhiri sambutannya, Bupati dirinya dan Wakil Bupati Petra Y Rembang M.Th mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, pimpinan dan seluruh anggota DPRD, segenap aparatur pemerintah, para Pejuang dan seluruh komponen masyarakat Minahasa Selatan yang selama ini telah Mendukung, bekerjasama dan turut serta dalam berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan pemerintah. 


"Mari kita bergandengan tangan memberikan karya dan pengabdian untuk Minahasa Selatan tercinta, sambil terus berdoa kiranya Tuhan terus menolong dan memberkati kita semua. Selamat Hari Jadi Minahasa Selatan ke-19 kiranya Minsel semakin Maju Berkepribadian dan Sejahtera," tutup FDW.


Adapun rangkaian kegiatan yang di laksanakan, selain rangkaian upacara, kegiatan dilanjutkan dengan ibadah bersama di Gedung Serbaguna Waleta Kantor Bupati Minsel, selanjutnya Bupati dan Wabup melanjutkan Rapat paripurna yang di langsukan di Gedung DPRD Kabupaten Minsel.



Penulis:Herdy Wauran




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • HUT Kabupaten ke-19, FDW: Minsel Adalah Tanah yang Diberkati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan