Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Gubernur Olly Dondokambey Paparkan Penangan Covid 19 di Depan Menteri, Fasilitas Kesehatan Sulut Masih Memadai

07/02/22, 10:53 WIB Last Updated 2022-02-07T03:53:00Z
adv google


SULUT, BLITZ--Ancaman gelombang ketiga Covid-19 menjadi perhatian serius pemerintah pusat. Perkembangan kasus positif Covid-19 terus dipantau, termasuk kesiapan fasilitas kesehatan dalam menghadapi pandemi di setiap daerah..

Hal tersebut terlihat dalam rapat koordinasi (rakor) secara virtual yang dipimpin Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama para kepala daerah di Indonesia, Sabtu (5/2/2022).

Kesempatan itu, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey memaparkan perkembangan Covid-19 di Sulut. Ia melaporkan sebanyak 353 Kasus positif Covid-19 terdata sejak Januari sampai Februari tahun 2022 berjalan ini.

“Kasus positif terjadi dari perjalanan luar negeri sebanyak 32 orang, kemudian domestik 178 kasus,” ungkapnya.

Oleh karena karena itu, lanjut gubernur, kontribusi perjalanan terhadap penambahan kasus positif di Sulut cukup dominan yakni 60%. Ia pun menyampaikan akan melakukan kesiapan menghadapi gelombang ketiga Covid-19 di Sulut.

Terkait hal tersebut, gubernur mengatakan sejauh ini ketersediaan tempat tidur di rumah sakit sangat memadai.

“Sampai sekarang kita masih menggunakan rumah sakit khusus Covid-19 yang dibangun BNBP dan pemerintah,” terangnya.

Gubernur menerangkan, keterisian rumah sakit tersebut masih 50%, dan sarana kesehatan lain belum dipakai namun selalu siap dan masih memadai.

“Sulut menyediakan 195 unit puskesmas, 49 rumah sakit, satu rumah sakit darurat dan rumah isolasi dua unit.Total bed (tempat tidur) ada 1.679 dan ICU 133 unit,” urainya.

Pada kesempatan itu, Gubernur ikut menjelaskan perkembangan vaksinasi di semua kabupaten/kota dengan progres capaian sangat bagus.

Sekadar diketahui, sejak 5 Januari hingga 4 Februari 2022 tercatat 148 Warga Negara Indonesia yang tiba di Sulut dan dua orang terjaring positif dari tes PCR.

Sementara untuk Warga Negara Asing (WNA) mencapai 461 orang, dan terlapor positif 30 kasus.

Dalam rakor tersebut, Gubernur Olly Dondokambey didampingi Sekdaprov Asiano Gamy Kawatu, Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik DR. Evans Steven Liow dan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat DR. Denny Mangala. 



Penulis: Ronald Sumakul

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gubernur Olly Dondokambey Paparkan Penangan Covid 19 di Depan Menteri, Fasilitas Kesehatan Sulut Masih Memadai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan