Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Puan Maharani Canangkan Pembangunan Patung Soekarno di Monumen Trikora Bitung

10/02/22, 12:17 WIB Last Updated 2022-02-10T05:20:52Z
adv google


SULUT, BLITZ--Menghargai akan perjuangan Presiden pertama RI Ir Soekarno, Provinsi Sulut telah mencanangkan pendirian patung Ir Soekarno di Tugu Monumen Trikora Bitung. 


Atas pencenganan tersebut Rabu (9/2/2022) Ketua DPR RI Puan Maharani, yang adalah cucu dari Ir Soekarno meresmikan pencanangan tersebut. Ia pun mengenang perjuangan Indonesia merebut Irian Barat (Papua Barat) lewat operasi Trikora di bawah komando Soekarno.


Pencanangan ini dilakukan Puan sehari setelah meresmikan Monumen Soekarno di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara. Puan menyeberang dari Manado menuju Pulau Lembeh, tempat tugu Trikora berada. Pulau Lembeh sendiri berjarak 15 menit perjalanan dari Pelabuhan Bitung.


Puan meletakkan batu pertama sebagai simbol pencanangan pembangunan patung Soekarno. Saat menyampaikan sambutan, cucu Bung Karno itu bercerita dirinya baru saja melakukan napak tilas kehadiran sang kakek di Pulau Morotai tahun 1957 untuk meresmikan SMP Negeri di sana.


“Hari ini saya datang ke Pulau Bitung untuk meletakkan batu pertama pembangunan patung Soekarno di Tugu Trikora,” kata Puan dalam pencanangan pembangunan patung Soekarno di Tugu Trikora, Rabu (9/2/2022).


“Kalau dilihat, sebenarnya ada garis merah semangat kebangsaan yang ditegaskan Presiden Soekarno dengan datang ke Pulau Morotai dengan Tugu Trikora di Pulau Lembeh ini yang sebentar lagi akan ada patung Bung Karno di sini,” sambungnya.


Menurut Puan, semangat kebangsaan yang dimaksud adalah bentuk pengakuan bahwa Indonesia merupakan satu kesatuan dan seluruh rakyat harus menjaga kedaulatan di tiap pulau di Indonesia.


“Bahwa Indonesia itu bukan hanya Jawa, bukan hanya Sumatera, tetapi juga termasuk Sulawesi, termasuk Maluku. Bahwa Indonesia itu termasuk Papua yang dibebaskan dari penjajahan dengan operasi Trikora yang dicetuskan oleh Presiden Soekarno,” sebut Puan.


Operasi Trikora atau Tri Komando Rakyat berlangsung mulai 19 Desember 1961 hingga 15 Agustus 1962. Trikora merupakan sejarah perjuangan bangsa dalam merebut Irian Barat dari penjajah Belanda. 


Operasi tersebut dilakukan karena pihak Belanda mengklaim Irian Barat masih dalam kekuasaan mereka usai Indonesia merdeka.




Penulis: Ronald Sumakul


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Puan Maharani Canangkan Pembangunan Patung Soekarno di Monumen Trikora Bitung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan