Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

'Tangan Dingin' Kumtua Jefferson Moningka, Bikin Desa Pakuweru Makin Maju

12/02/22, 12:03 WIB Last Updated 2022-02-12T07:15:13Z
adv google

Pembangunan demi pembangunan terjadi di Desa Pakuweru. Tak lepas dari tangan dingin seorang kumtua Jefferson Moningka.(ist)

MINSEL, BLITZ--Pemerintah Desa Pakuweru Kecamatan Tenga kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), dibawa pimpinan Pj. Hukumtua Jefferson Moningka terus lakukan berubahan di desa yang dia pimpin.


Sebelas bulan lebih menjabat sebagai hukumtua, Jefferson terbukti menyenangkan hati masyarakat desa Pakuweru. Dengan tugas yang di percayakan oleh pemerintah kabupaten Minsel hal itu dibuktikan dengan berbagai kerja nyata seperti Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang adalah bagian dari Visi pemerintahan Bupati Franky Wongkar SH dan Wabup Petra Rembang M.Th.


Peningkatan SDM yang di laksanakan Moningka antara lain, seperti Pelatihan Peningkatan Prangkat desa dan BPD, Pelatihan kader teknik, Pelatihan Stunting, pelatihan Bumdes, serta pelatihan RKP dan RPMJdes. 


Selain itu dalam menata desa lewat Dana Desa Moningka juga memperbaiki jalan desa dengan memperluas pila-pila jalan dengan menghabiskan anggaran dua ratus juta lebih lewat PKTD.


Dengan begitu, antusias masyarakat yang melihat akan kinerja dari Moningka, tak tanggung-tanggungpun bergotong royong dalam menata desa bersama lewat Swadaya Masyarakat. 


Di informasikan Hukumtua desa Pakuweru kepada media ini dari hasil dari Swadaya Masyarakat 

1. Pembangunan Tanggul di Jaga. 2 Desa Pakuweru, yang menghabiskan anggaran kurang lebih 80 juta. Dan itu adalah sumbangan/suwadaya masyarakat desa Pakuweru dan juga masyarakat luar desa.

2. Penutupan lobang jalan protokol desa Pakuweru menghabiskan anggaran kurang lebih Rp. 25.000.000 didalamnya 3 drum Ter dan 3 drum sudah ada sebelumnya didesa dan itu diluar HOK, Karna kerja bakti atau swadaya masyarakat desa Pakuweru

3. Pembangunan Leput Lorong jaga 7 Desa Pakuweru, yang menghabiskan dana sebesar Rp. 4.100.000,-.

Anggaran ini diluar HOK, dikarenakan hasil kerja bakti masyarakat dan juga menggunakan alat berat Loder dalam penggalian tersebut dan itu disumbangkan oleh masyarakat desa Pakuweru.


Selain itu juga dana desa pada tahun 2021 Moningka juga memperbaiki Pipa saluran air bersih dengan total anggaran RP. 200 jt dengan melakukan Pengalian, pemasangan pipa air bersih, penimbunan dan pengecoran.


Dari pembuktian kerja Moningka hal ini juga di ungkapkan salah satu masyarakat desa Pakuweru saat di wawancarai media ini di lokasi pekerjaan. Menurutnya kepemimpinan Hukumtua Jefferson Moningka sangat baik di mata masyarakat desa Pakuweru. 


"Melihat kinerja dari Hukumtua sangat baik, nyatanya kami masyarakat menunjang akan kinerja yang di lakukan, maknya kami masyarakat desa Pakuweru berinisiatif dalam mengumpulkan dana untuk sama-sama membangun desa kami ini." terang Narasumber yang enggan namnya di mediakan


Hal serupa juga di sampaikan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Annes Langi. Menurutnya, kinerja hukum tua desa Pakuweru selama di percayakan sebagai pejabat Hukumtua hingga sampai saat ini kinerjanya sangat baik.


"Melaksanakan tugas sebagai Pj. Hukutua bagi saya tidaklah mudah, namun ketika kita bekerja dan berdiri pada jalur yang benar, maka semua itu akan terasa mudah. Hal ini pula yang di lakukan hukumtua desa Pakuweru, dari pandangan saya selaku ketua LPM hingga kini tugas yang di jalankan oleh beliau sebatas dengan aturan yang melekat bahkan menurut saya hingga kini beliau pun tidak pernah menyalahi aturan dengan tugas yang di embaninya." ungkap Langgi


Lanjut langi, kita jugakan bisa lihat sendiri jabatan PJ.Hukumtua Jefferson saat ini di kantor kecamatan Tenga sekarangkan naik, berarti itu adalah salah satu bukti dimana capaian dan kinerja dari PJ Hukumtua sangat baik sehingga dilayakan untuk naik jabatan. 


"Maka dari itu jika ada yang mengatakan kinerja Hukum tua jefferson tidak baik, itu salah karna masyarakat desa Pakuweru juga tau kinerja dari PJ. Hukumtua Jefferson," tutup Langi.



Penulis: Herdy Wauran





Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 'Tangan Dingin' Kumtua Jefferson Moningka, Bikin Desa Pakuweru Makin Maju

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan