Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Bupati Franky Wongkar Terima Kunjungan KKNK FK Unika Semarang

14/03/22, 09:50 WIB Last Updated 2022-03-17T03:03:02Z
adv google


MINSEL, BLITZ--Bupati Minahasa Selatan, Franky Donny Wongkar SH, menggelar pertemuan dengan Fakultas Kedokteran UNIKA Soegijapranata Semarang yang diwakili oleh dr. Indra Adi Susianto, MSi. Med, Sp.OG selaku Dekan Fakultas Kedokteran, dr. Fransiska P. Hardimarta, MSi. Med selaku Ka. Program Studi, Perigrinus H. Sebong, MPH (Programer FL-KKN Komunitas), dr. Vania Angeline Bachtiar, Sp.N (Sekretaris Satgas Persiapan KKN) Senin (14/03/2022).


Kegiatan yang di gelar di ruang rapat Bupati Minsel tersebut, turut mendampingi. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Benny V. J. Lumingkewas, Kepala Dinas Kesehatan dr. Erwin Schouten, dan Kabag. Kerja Sama Sekretariat Daerah, Plan O. Yonathan, S.STP 


Saat ini masih banyak masyarakat yang belum bisa mendapatkan akses ke dokter dan pelayanan yang layak dari tenaga kesehatan, terutama yang tinggal di pelosok daerah.


Demi mengoptimalkan SDM kesehatan terdistribusi secara adil dan merata maka FK Unika, melalui tridharma pendidikan akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Komunitas (KKNK) di Kabupaten Minahasa Selatan.


Sehubungan dengan itu Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, Bupati Franky Donny Wongkar menyambut dengan gembira Tim dari FK Unika Soegijapranata untuk melaksanakan Program KKN. Komunitas ini dengan melihat besarnya kebutuhan tenaga medis di Kabupaten Minahasa Selatan.


Program KKN komunitas merupakan salah satu komponen dari proses perencanaan karir yang tersedia bagi mahasiswa FK Unika Soegijapranata. Program ini dirancang untuk mengintegrasikan

mahasiswa, sistem kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan, populasi, dan Perguruan Tinggi dalam kemitraan guna mempersiapkan calon dokter profesional sekaligus memberi pengalaman karir lebih awal kepada mahasiswa. Pengalaman terkait karir dokter di DTPK ini akan meningkatkan tujuan pendidikan sambil berkontribusi pada visi-misi program studi.


Program KKN komunitas memiliki 3 tujuan utama yaitu: 


Pertama: menyediakan sumber daya untuk membantu pemerintah daerah di bidang pelayanan kesehatan, kesehatan masyarakat, pemanfaatan

herbal untuk medis, layanan sosial.


Kedua: membantu kapasitas dinas kesehatan dan Puskesmas untuk

meningkatkan kinerja dan efektivitas mereka secara keseluruhan dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat.

Ketiga: memberikan mahasiswa kedokteran FK Unika Soegijapranata pengalaman belajar terapan yang berharga dengan menghubungkan mereka dengan peluang di komunitas yang menghadapi kesenjangan kesehatan masyarakat dan masalah sosial-ekonomi lainnya yang berdampak pada kesehatan.


Diketahui juga Program KKN Komunitas adalah program inovatif FK Unika Soegijapranata yang memiliki tujuan membantu fasilitas pelayanan kesehatan dan masyarakat dengan berfokus langsung pada penanganan masalah kesehatan masyarakat atau kesenjangan kesehatan di komunitas yang kurang terlayani, yang

memiliki tantangan sosial, geografis dan ekonomi terutama di DTPK.



Penulis: Herdy Wauran


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Franky Wongkar Terima Kunjungan KKNK FK Unika Semarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan