Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Pertama di Minsel, SMAN 1 Kumelembuai, Kembali adakan Pelajaran Bahasa Tontemboan

25/03/22, 22:28 WIB Last Updated 2022-03-25T15:28:59Z
adv google


MINSEL, BLITZ--Bahasa Tontemboan merupakan bahasa yang digunakan oleh Ednis Minahasa di Sulawesi Utara. Namun seiring waktu berjalan hingga saat ini Bahasa Tontemboan Tak lagi dimengerti di era generasi Digital 4.0.


Melihat akan dampak yang akan semakin mengikis budaya yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan. Kini Muatan Lokal di Hadirkan kembali oleh SMAN 1 Kumelembuai.


Hal ini diungkapkan Kepala Sekolah SMAN 1 Kumelembuai yang baru Swingly Liow, usai membawakan sambutan saat serah terima jabatan yang di laksanakan pada,  Jumat (25/03/2022).


Dalam sambutanya Liow mengatakan, Komitmennya setelah di lantik sebagai kepala Sekolah yang baru, hal yang pertama yang akan di lakukan perubahan di sekolah tersebut adalah menghidupkan kembali pembelajaran bahasa Tontemboan. 


Saat di wawancarai media ini swingly mengatkan tujuan hadirkan kembali pelajaran tersebut dikarenakan para kaum mudah khususnya yang ada di kecamatan Kumelembuai kini sudah tidak lagi mengerti bahasa daerahnya sendiri. Terlebih para siswa yang ada di SMAN 1 Kumelembuai.


"Ini adalah Tujuan utama saya. Bahasa Tontemboan adalah warisan yang di tinggalkan oleh para pendahulu kita, sangat di sayangkan jika ini tidak di pelajari. Jelas Liow. 


Sambungnya,  jujur saja saya sudah liat dan buktikan sendiri, apalagi siswa-siwa yang ada di sini sangat kurang dan tak tau dalam berbahasa tontemboan. Maka dari itu, ini saya sudah bicarakan dengan kepala cabang Dinas, pelaksanaan pembelajaran bahasa Tontemboan akan di laksanakan setiap hari Jumat dan itu telah di setujui." Tukas Liow


Liow juga berharap, adanya pelajaran bahasa Tontemboan di sekolah para orang tua murid dapat juga bekerja sama dengan sekolah dengan melatih anak-anak mereka di rumah dengan ucapan bahasa Tontemboan


"Jadi selain belajar di sekolah, kami sangat berharap para orang tua juga dapat melatih anak-anak mereka di rumah dengan berbicara bahasa tontemboan dalam katifitas sehari-harinya." Harapnya


Sementara itu Kacabdin Minsel/Mitra Max Lengkong saat di konfirmasi media ini terkait kurikulum bahasa Tontemboan, beliau sangat Setuju dan mendukung akan pelajaran ini. 


"Yah, saya sudah dengar program yang akan di cetuskan oleh Kepsek SMAN 1 Kumelembuai, salah satunya pemblajaran Bahasa Tontemboan. Kami sangat mendukung dan kami harus topang,  apapun yang di lakukan untuk mengangkat citra sekolah itu kita harus doakan, agar apa yang di upayakan itu dapat terlaksana." Pungkas Lengkong.



Penulis: Herdy Wauran


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pertama di Minsel, SMAN 1 Kumelembuai, Kembali adakan Pelajaran Bahasa Tontemboan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan