Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Program Inegritas Daya Pemerintah, Gubernur Olly Dondokambey Paparkan Langkah Cerdas Era 4.0

04/03/22, 13:06 WIB Last Updated 2022-03-04T06:06:46Z

 



SULUT, BLITZ--Terkait Program Integritas Daya pada Pemerintah dan untuk mengapresiasi hal tersebut, Jajaran Pemprov Sulut menggelar rapat koordinasi Jumat (4/2/2022).


Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw, yang diwakili oleh Setdaprov Gemmy Kawatu, menyambut gembira dan memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan yang sangat penting ini, sebagai langkah cerdas dan kreatif dalam upaya mewujudkan satu data Indonesia.


Lanjut Sekdaprov, di tengah revolusi industri 4.0, akses informasi yang cepat dan akurat merupakan tuntutan utama di segala lini dan bidang pekerjaan yang semakin

transparan dan akuntabel.


Semakin cepatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, menuntut manusia untuk mencoba membuat perubahan di segala jenis kehidupannya, dengan tujuan agar mendapatkan hasil maupun kondisi yang terbaik.


Sebaliknya, keterlambatan akses informasi dapat membuat kita tertinggal ribuan langkah di belakang dunia yang amat kompetitif dan senantiasa berpacu ini.


Menurut Sekdaprov dibalik aksesibilitas data yang cepat dan tentunya akurat, penataan data yang tertata dan terstruktur serta terintegrasi dengan baik, merupakan tahapan penting yang pantang untuk dilewatkan.


“Sebanyak apapun data dan informasi yang tersedia, bila tidak tertata sebagaimana seharusnya, pada akhirnya bukan mempermudah dan mempercepat pekerjaan, memperlambat atau bahkan menghambat pekerjaan itu sendiri,” tegas Sekdaprov.


Namun sebaliknya hanya akan ketersediaan data yang cepat dan akurat, serta penataan data yang terstruktur dan sistematis, akan membawa begitu banyak dampak positif dalam tata kelola pemerintahan suatu daerah.


“Jika kita memperhatikan kota-kota besar di negara-negara yang maju, salah satu faktor krusial yang mendorong kemajuan sistem dan terciptanya good govermance and clean government adalah akses informasi yang begitu cepat, yang diimbangi ketersediaan data yang tentunya tertata rapih. Sehingga, produktivitas dalam menghasilkan kebíjakan akan lebih efektif dan efisien. Hal ini tentu saja dapat dicapai apabila adanya integrasi dari setiap informasi yang dibutuhkan,” sambung Sekdaprov.


Mengingat setiap perangkat daerah tentunya ditugaskan untuk membidangi bidang-bidang dan fungsi yang berbeda. Perbedaan tugas, wewenang dan bidang kerja yang dihadapi tentu membuat setiap

perangkat daerah memiliki data, informasi ataupun produk pekerjaan yang berbeda.


Oleh karenanya, atas nama ODSK, mengajak Peserta sekalian untuk mengikuti sebaik mungkin kegiatan ini.”Jadikan dan manfaatkanlah kegiatan ini sebagai wahana peningkatan pemahaman, dengan memberikan fokus perhatian penuh terhadap setiap substansi materi

yang akan disampaikan oleh para Narasumber, saya-pun berharap, agar para Narasumber nantinya dapat memberikan bimbingan dan penjelasan secara komprehensif, sehingga kegiatan ini benar-benar dapat memberikan output dan outcome yang konstruktif, dan meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan yang baik,” pungkas Kawatu.


Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kominfo Sulut Evans Steven Liow, dan jajaran pejabat Eselon II Pemprov Sulut.



Penulis: Ronald Sumakul


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Program Inegritas Daya Pemerintah, Gubernur Olly Dondokambey Paparkan Langkah Cerdas Era 4.0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan