Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Wabup PYR Hadiri Penandatangan Kerjasama Pemanfaatan FLY ASH PT PLN

19/03/22, 16:41 WIB Last Updated 2022-03-19T09:41:16Z
adv google


MINSEL, BLITZ--Mewakili Bupati Minahasa Selatan Franky D Wongkar SH, Wakil Bupati Minahasa Selatan Petra Y Rembang M.th, menghadiri Pelepasan dan Penandatangan Kerjasama Pemanfaatan FLY ASH PT. PLN (Persero) UIKL Sulawesi, UPDK Minahasa ULPLTU Amurang, PT Semarak Adi Karya dan PT Conch Nort Sulawesi Cement. Jumat (18/03/2022) 


Kegiatan tersebut di laksankan di PLTU 2 Sulut, Desa Tawaang, kecamatan Tenga, kabupaten Minahasa Selatan. 


Limbah FABA (Flay ash dan bootom ash) merupakan hasil dari pembakaran batu bara yang digunakan PLTU Amurang untuk membangkitkan listrik. Dari hasil limbah tersebut PLTU Amurang dapat menghasilkan hingga 50 ton faba per harinya. 


Uniknya FABA tersebut bisa di kelolah sebagai bahan baku bangun bahkan bisa di jadikan pupuk. Hal ini juga di katakan Manager UPDK Minahasa Andreas Arthur, dalam sambutanNya. 


"Faba Ini, selain juga bisa digunakan sebagai bahan campuran untuk pembuatan batako, paving blok. Ini juga bisa dijadikan bahan baku sement dan lain sebagainya," ucap Arthur


Lebih jauh Arthur mengatakan, ketersediaan FABA sangat banyak, bahkan bagi para palaku UMKM di daerah yang ingin membutuhkan bahan baku dalam pembuatan Batako dan paving, bisa langsung ke PLTU Amurang. 


"Sekarang PLTU masih menyediakan sekitar 80 ton Faba yang ditampung buat kebutuhan di daerah. Khususnya bagi pelaku UMKM. Jika ingin menjadikan Faba sebagai bahan baku untuk membuat batako atau Paving, silahkan datang dan kami berikan itu Gratis." jelas Artur. 


Sementra itu Wabup Minsel dalam sambutanya mengucapkan selamat dan sukses atas kerjasama yang terjalin, antara PT. PLN (PERSERO) UIKL Sulawesi denga PT Semarak Adi Karya dan PT PT Conch Nort Sulawesi Cement. 


"Kiranya kerjasama dan kemitraan yang terjalin saat ini dapat terus di kembangkan secara Konstruktif sesuai ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku sehinggah dapat memberikan sumbangsi positif dan mendorong pembangunan daerah dan peningkatan ekonomi masyarakat." Ucap PYR


Lanjut Wabup, pada kesempatan ini, selaku Pemerintah daerah kabupaten Minsel, memberikan apresiasi PT. PLN (Persero) yang selama ini berkontribusi dalam menyediakan energi listrik bagi masyarakat kabupaten Minahasa Selatan bahkan sulawesi Utara. Harapan kami PT. PLN (Persero) dapat Semakin maju berkembang serta dapat memberikan kontribusi bagi akselerasi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Tutup PYR



Turut hadir pada kegiatan tersebut; Komandan Komando Resor Militer 131/ Santiago Manado, Brigadir Jenderal TNI Mukhlis SAP MM.


Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Manado Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA. diwakili komandan F. V kolonel Jakobus. Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH, yang mewakili Kepala bidang Konservasi Magda. F Kalalo, S Pt, M M.Msip, GM UIKL Sulawesi Munarwar Furqon Senior Manager Pembangkitan UIKL Sulawesi I Putu Sudarsa, Pejabat Pelaksana Pengendali lingkungan dan K3 keamanan UIKL Sulawesi Edal Ilham.


Manager UPDK Minahasa Andreas Arthur, Direkteur Semen Conch North Sulawesi Mr Xing Ju Wen serta Direktur PT. Semarak Adhi Karya Victor Tamsil.




Penulis: Herdy Wauran


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wabup PYR Hadiri Penandatangan Kerjasama Pemanfaatan FLY ASH PT PLN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan