Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Desa Rasi Terus Budayakan Kearifan Lokal Lewat Mapalus Bersama Warga

07/04/22, 22:10 WIB Last Updated 2022-04-07T15:10:39Z
adv google
RATAHAN,BLITZ-Budaya orang Minahasa masih terus dipelihara dan dilestarikan oleh warga keturunan Suku Pasan Ratahan adalah Mapalus.Dan warga Desa Rasi kecamatan Ratahan adalah bagian daripada itu.

Hal ini dibuktikan dengan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan tetap memelihara budaya kearifan lokal dengan bekerja bersama-sama atau disebut Mapalus.

"Mapalus adalah budaya kerja bersama ramai-ramai sehingga pekerjaan terasa ringan dan bisa cepat selesai," ujar Hukm Tua Desa Rasi Saul Lumopa.

Kali ini,bukti budaya mapalus masih dilaksanakan dan di lestarikan sebagai kearifan lokal adalah lewat Kelompok Tani Lahendong 3,melaksanakan mapalus di saluran perkebunan Loy sementara Kelompok Tani Persawahan Wanampinily disaluran Wanampinili.

Menurut Lumopa, kegiatan mapalus kali ini untuk memperbaiki saluran air yang jebol akibat kerusakan oleh alam, oleh karenanya lewat kegaiatan tersebut terkumpul material secara sukarela untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

"Kerusakan irigasi ini sudah diketahui oleh petugas juru irigasi lokasi lahendong Harvi Ratulangi  dan menururnya, kerusakan saluran tersebut udah di laporkan ke Balai Sungai di Propinsi," tutup Lumopa.(Devon Pondaag)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Desa Rasi Terus Budayakan Kearifan Lokal Lewat Mapalus Bersama Warga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan