Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Pansus LKPJ 2021 Laksanakan Pembahasan Bersama TAPD dan Semua OPD Terkait

13/04/22, 22:27 WIB Last Updated 2022-04-15T15:31:50Z
adv google


MINSEL, BLITZ--Sesuai jadwal selama 30 hari kerja, Pembahasan Pansus LKPJ 2021 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Minsel yang diketuai Meivy Karuh SH, bersama pihak Eksekutif dalam Hal ini TAPD dan semua OPD. Ada yang menarik di pembahasan pertemuan kempat, Rabu (13/04/2022) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Minsel.


Pasalnya Salah satu OPD yang masuk dalam Pembahasan yakni para Camat yang menunggu sejak pagi baru bisa dibahas dengan Pansus sekitar Pukul 24.00 wita. Meski begitu, para camat yang sudah begitu lama menunggu mendapat hasil yang memuaskan. 



Dengan berbagai pbahasan yang di bahas serta mendengar keluhan dari para camat, akhirnya mendapat hadia. Hadia tersebut yakni pansus akan memperjuangkan di banggar untuk menaikan besaran Dana Oprasional bagi 17 Kecamatan nantinya.


Hal ini terungkap saat Pansus LKPJ 2021 mendengar secara langsung berbagai persoalan di setiap kecamatan. Baik itu masalah kondisi kantor, medan/ jalan , pelayanan publik, serta anggaran Dana Oprasional yang selama ini diterima oleh setiap kecamatan.


Dari laporan 14 kecamatan yang hadir beberapa kecamatan ada yang diatas 70 juta ada juga di bawa 70 juta , namun sebagian besar diangka Rp. 74 jutaan.



Anggota Pansus Orwin Tengor saat menanggapi pernyataan para camat munuturkan sebagai Perpanjangan tangan Bupati dan Wakil Bupati harusnya Kecamatan menerima lebih bukan malah turun besarannya bahkan terkait Pelimpahan kewenangan artinya diatur dalam Perbup terkait pendelegasian kewenangan camat.


"Harusnya jadi perhatian ada beberapa persoalan yaitu Anggaran Ambulance , pelayanan dan Pendelegasian dan pelimpahan kewenangan ini harusnya ditindaklanjuti karena jika ada urusan yang boleh selesai dikecamatan kenapa tidak , harusnya camat menjalankan , mempermuda , mengfasilitasi tugas dikecamatan jika kewenangan jelas diatur dan potensi mis-mis ini dapat diminimalisir teratasi." jelas Orwin.



Hal yang sama dikatakan Sekretaris Pansus Lian Mandey STh , dengan Bangga Mandey mengapresiasi Kinerja Para Camat meski anggarannya kecil tapi kerjanya maksimal namun menurut Lian Camat harus lebih Kreatif dan mampu meningkatkan kinerja yang ada


"Saya angkat empat Jempol untuk camat di Minsel meski dana oprasional kecil tapi kinerja maksimal , perlu juga inovasi , kreatif setiap kecamatan, untuk Dana Oprasional kami telah bercapa-cakap untuk ke TAPD agar di tahun depan akan dikembalikan 150 juta dana Oprasional untuk Kecamatan." ucap Lian disambut tepuk tangan para Camat


Wakil Ketua DPRD Minsel Stefanus Lumowa SE menyatakan kecamatan itu ujung tombak dan sentral pelayanan maka risala akan mencatat kami akan tuangkan dalam rekomendasi pertama terkait kordinasi program kegiatan antara dinas dan kecamatan harus lebih ditingkatkan.


Kesempatan tersebut Lumowa menyebut jika Camat lebih leluasa bersuara ke Dewan dari pada ke Eksekutif karena pendekatan atasan dan bawahan bahkan Lumowa yang juga Ketua DPC PDIP Minsel dengan tegas menyatakan jika Eksekutif tidak menghargai di Dewan maka Dewan akan pakai fungsi pengawasan.


Disela penjelasan Lumowa mendapat Aplaus dari para Camat terkait Dana Oprasional Kecamatan , menurut Lumowa kalau yang lain katakan akan kembalikan 150 juta , namun Lumowa yang sudah banyak makan garam di Gedung Wakil Rakyat ini justru menyatakan akan Menaikan Dana Oprasional Kecamatan.


"Kita sepakat seperti yang Lian sampaikan tadi , kita selain Dewan dibanggar kita nda akan lupa apa kita sampaikan ini bukan cuma torang mo kase bale lagi ini Dana Oprasionol tapi kita akan kase nae dari angka 150 bisa lebih dari itu, karena informasi dikabupaten laeng boleh lebih kenapa tidak di Minsel." ketus Lumowa disambut Tepuk tangan para Camat.


Adapun Camat yang didampingi Asisten 1 dan Kabag Pemerintahan yang hadir di hari terakhir Pembahasan Pansus LKPJ 2021 hanya 14 Camat yang lain izin sakit dan ada juga izin menghadiri Kedukaan.


Dari informasi dimeja pimpinan Pansus LKPJ 2021 diakhir acara, Jadwal akan dilanjutkan dengan Turun Lapangan yaitu ke Dinas Pendidikan, Kesehatan dan PU.



Penulis: Herdy Wauran


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pansus LKPJ 2021 Laksanakan Pembahasan Bersama TAPD dan Semua OPD Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan