Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Bencana Minsel, Respon Cepat Pemkab Minsel Sediakan Posko dan Tempat Pengungsian

16/06/22, 01:19 WIB Last Updated 2022-06-15T18:20:39Z


MINSEL, BLITZ--Bencana Alam yang terjadi hingga menghanyutkan rumah warga dan merobohkan Jembatan yang menghubungkan Kelurahan Uwuran Satu dan Kelurahan Bitung Kambiow, menjadi perhatian khusus pemerintah kabupaten Minsel.


Mendengar informasi akan adanya kejadian tersebut, jajaran Pemkab Minsel tak butuh waktu lama langsung bergerak cepat dalam membantu korban bencana.


Glady Kawatu selaku Sekretaris Daerah saat ditugaskan oleh Bupati Minahasa Selatan untuk meninjau langsung lokasi bencana yang terjadi, langsung melakukan rapat darurat dengan Forkopimda yang dihadiri oleh Kapolres Minahasa Selatan, Kajari Minsel juga Perwakilan Dandim bersama Kepala Perangkat Daerah Kab. Minsel untuk menyiapkan Posko dan Dapur Umum serta memerintahkan kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Royke Mandey, SH untuk mensosialisasikan lewat media sosial tentang kejadian bencana ini.



Kepada media ini Kawatu menyampikan pihaknya sudah bekoordinasi dengan seluruh OPD bahkan pemerintah setempat untuk segera bertindak cepat menangani bencana ini.


"Kami telah berkoordinasi dengan semua perangkat daerah untuk menetapkan kantor lurah Lewet dan Aula Gmim Centrum Amurang sebagai posko untuk penanganan bencana dan tempat pengungsian bagi para koraban bencana," jelas Kawatu.


Lebih jauh Kawatu juga menghimbau kepada warga untuk tidak mendekati lokasi bencana yang telah dipasangi police line oleh pihak Kepolisian untuk menghindari bencana susulan.


"Disampaikan kepada warga masyarakat, untuk tidak mendekati lokasi bencana serta menghindar akan terjadinya bencana susulan, diharapkan juga masyarakat tidak berada di radius sekitar 100 meter dari lokasi bencana," pesan Kawatu.




Adapun Informasi yang dirangkum media ini Sementra terdapat 20 rumah tenggelam dan hanyut 5 rumah rusak berat, 5 cottage 1 restorant dan 10 perahu.


Sampai berita ini diturunkan pihak Pemkab Minahasa Selatan bersama pihak terkait telah menyediakan posko bantuan yang terbagi dibeberapa lokasi, yakni;


Posko pendataan korban dan bantuan bencana/logistik di Kelurahan Uwuran satu samping Bank Mandiri.


Posko pengungsian di Kantor Lurah Lewet

-Posko pengungsian di Aula GMIM Sentrum Amurang.


Ditambah lagi, disetiap Posko-posko bantuan yang ada sudah tersedia perlengkapan dan kebutuhan untuk para pengungsi. Selain itu, pihak kesehatan juga menyediakan petugas kesehatan untuk mengantisipasi jika terjadi gaggguan kesehatan bagi para pengungsi


Penyebab terjadinya bencana ini masih menimbulkan banyak spekulasi dari masyarakat, ada yang beranggapan kejadian tersebut disebabkan abrasi pantai, bahkan ada yang mengatakan ini terjadi karena patahan tanah. Namun hingga berita ini di naikan penyebap kejadian tersebut masih dalam tahap penelitian.



Penulis: Herdy Wauran


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bencana Minsel, Respon Cepat Pemkab Minsel Sediakan Posko dan Tempat Pengungsian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan