Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Sulut Gelar Pendidikan Dan Pelatihan Di Desa Kaima

02/06/22, 08:08 WIB Last Updated 2022-06-02T01:08:11Z
adv google

 


Minut, BLITZ - Program Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey - Steven Kandouw untuk membangun tanah nyiur melambai tak ada habisnya.


Kali ini melalui Dinas Koperasi dan UKM Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar pendidikan dan latihan manajemen pengelolaan Koperasi/KUD di Balai Desa Kaima, Kecamatan Kauditan, Selasa 31 Mei 2022.


Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulut Ronald Sorongan menargetkan Kabupaten Minahasa Utara untuk memberikan sosialisasi bagi warga tentang betapa pentingnya Koperasi bagi para pelaku UKM maupun UMKM.


Dikatakan Sorongan, Gubernur dan Wakil Gubernur saat ini gencar-gencarnya untuk mengaktifkan dan memberdayakan 

usaha-usaha dari Koperasi.


"Di Minahasa Utara banyak terdapat Koperasi. Untuk itu hari ini kami melakukan pendidikan dan latihan (Diklat) di Desa Kaima," ungkap Sorongan.


Ia mengungkapkan, Diklat ini sangat penting bagi para pelaku UKM maupun UMKM jika bekerjasama dengan Koperasi.


"Tujuan Diklat Koperasi ini untuk menginformasikan bahwa Koperasi memiliki satu badan hukum dan milik bersama antara pengurus maupun anggota," jelas Sorongan.


Sorongan mengibaratkan Koperasi seperti perusahan, memiliki jiwa bisnis dengan tata kelola yang jelas.


Kata dia, Koperasi berjalan layaknya entrepreneurship, memiliki konsep untuk mengembangkan dan mengelola bisnis dengan harapan meraup keuntungan.


Sorongan mengungkapkan, kehadiran koperasi di desa sangat berdampak positif, salah satunya dapat membuka lapangan pekerjaan.


"Kehadiran koperasi di desa mampu menopang perekonomian masyarakat contohnya desa kaima ini. Dan secara tidak langsung melalui koperasi sudah membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat," kata Sorongan.


Ia berharap, para pelaku UMKM/UKM dapat memberikan produk unggulan mereka agar bisa dipasarkan di daerah lain.


"Tidak menutup kemungkinan melalui koperasi para pelaku UKM/UMKM yang sudah memiliki produk unggulan dapat memasarkan produk mereka baik itu eksport atau import," tukas Sorongan. (MJS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Sulut Gelar Pendidikan Dan Pelatihan Di Desa Kaima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan