Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

IAKN Manado Bersosialisasi Dengan Universitas Islam Yogyakarta Terkait PMB Jalur Keagamaan

08/06/22, 12:33 WIB Last Updated 2022-06-08T05:33:59Z
adv google

 


Manado, BLITZ--Guna mempererat hubungan antar umat beragama terlebih khusus dalam bidang pendidikan, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado menerima kunjungan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. 


Pertemuan yang sangat hangat ini, dalam rangka sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur keberagamaan dan 3T (Terdepan, Tertinggal dan Terluar) yang diselenggarakan di Aula IAKN Manado, Selasa (07/06/22).


Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd.


Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd. Dalam sambutan, Warek I mengucapkan selamat datang kepada tim dari UIN Sunan Kalijaga di kampus IAKN Manado.


“Bersyukur kepada Tuhan karena hari ini IAKN Manado boleh kedatangan tamu dari UIN Sunan Kalijaga dalam rangka sosialisasi PMB jalur keberagaman. Semoga bermanfaat bagi kedua Lembaga” Tutur Wakil Rektor.


Warek juga menyampaikan pesan ibu Rektor agar kiranya dapat menjalin hubungan Kerjasama dalam rangka mengimplementasikan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).


“Kami sementara menjalankan kurikulum MBKM dan tentu perlu belajar pengimplementasiannya dari UIN Sunan Kalijaga. Kami berharap selain Memorandum of Understanding (MoU) akan ada juga Memorandum of Agreement (MoA) antar Fakultas. Kami juga berharap kedepannya ada begitu banyak program yang akan dijalankan bersama. Kami harus banyak belajar dengan UIN Sunan Kalijaga dalam hal akreditasi dan pengembangan mutu Pendidikan.” Tutup Wakil Rektor.


Karo Administrasi Umum dan Keuangan, Dr. Abdus Syakur dalam sambutannya mengucapkan terima kasih banyak atas penyambutan IAKN Manado.


Karo juga mengenalkan tim nya dan menyampaikan semboyan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk bangsa dan mendunia.


“Kami berusaha akan berdiri untuk semua golongan, kepentingan, semua iman. Oleh karenanya, salah satunya program PMB jalur keberagaman dan 3T. 3 lokasi yang kami datangi yakni Bali, NTT, Medan dan terakhir di Sulawesi Utara. Program PMB ini dikhususkan diperuntukkan kepada non-Muslim. Kami masih mengambil ajaran Sunan Kalijaga yakni berdirih kokoh di atas semua kepentingan kepercayaan dan golongan. Mudah-mudahan program ini diikuti oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) yang lain.” Tutur Karo.


Menurut karo, program keberagaman mengambil jatah 1% atau 42 mahasiswa yang akan diiterima UIN Sunan Kalijaga untuk tahun akademik 2022/2023.


“UIN Sunan Kalijaga mempunyai 8 Fakultas dan 2 Fakultas (Ilmu Sosial dan Humaniora, Sains dan Tekonologi) juga berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. UIN Sunan Kalijaga juga sudah terakreditasi unggul dan satu-satunya PTKN di bawah Kementerian Agama.” Jelas Karo.


Karo berharap kedepan adanya kerjasama antara IAKN Manado dan UIN Sunan Kalijaga.


“Kita tidak boleh merasa hebat sendiri dan menyadari perlu berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi lain yang ada di bawah Kementerian Agama. Kemudian, meneruskan apa yang disampaikan Menteri Agama bahwa PTKN harus maju bersama dan hal ini yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga. Semoga kedepannya kita dapat berkolaborasi dalam hal Tri Dharma Perguruan Tinggi”. Tutup Karo.


Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi PMB jalur keberagamaan dan 3T oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Dr. Shodiq dan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Khurul Wardati.



Penulis: Ronald Sumakul



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • IAKN Manado Bersosialisasi Dengan Universitas Islam Yogyakarta Terkait PMB Jalur Keagamaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan