Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Kunjungi Lokasi Bencana di Minsel, Kepala BNPB RI Pastikan Korban yang Kehilangan Rumah akan Direlokasi

17/06/22, 10:30 WIB Last Updated 2022-06-18T03:37:47Z
adv google


MINSEL, BLITZ--Usai melakukan Kunjungan ke BNPB pada (16/06) terkait membawa permohonan bantuan akan adanya musibah bencana di kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) kini Bupati Minsel Franky Donny Wongkar SH datangkan Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto S.Sos, M.M ke Minsel untuk meninjau langsung ke lokasi terjadinya bencana.


Bupati Franky bersama rombongan BNPB RI yang dipimpin oleh Kepala Badan Letjen TNI Suharyanto S.Sos, M.M tibah di Minsel sekitar pukul 16:30 Wita dan langsung berkunjung ke lokasi bencana yang ada di Kelurahan Bitung Kambiow, Kecamatan Amurang, Jumat (17/6/2022).


Melihat situasi dan kondisi belum yang belum Aman, tak berlangsung lama Bupati dan Rombongan BNPB langsung berbalik menuju ke Pos Pengungsian yang ada di Kelurahan Lewet kecamatan Amurang. 


Pada kesempatan tersebut Letjen TNI Suharyanto S.Sos, M.M Usai berinteraksi dengan para korban bencana. Saat di wawancara sejumlah awak media, dirinya mengatakan, kedatangan ke Minsel mendapat instruksi dari Presiden untuk melakukan peninjauan langsung ke lokasi bencana.


"Kedatangan Saya ke Minahasa Selatan atas instruksi dari Presiden pasca terjadinya bencana alam abrasi pantai. Memang saat itu hanya melihat lewat televisi saja ternyata setelah dilihat di lokasi memang cukup parah." ungkap Suharyanto


Selain itu Suharyanto juga mengatakan kunjungan yang di intruksikan Presiden untuk memastikan tahap-tahap bencana berjalan sebagai mana mestinya.


Dikatakan Suharyanto juga di mana Minsel saat ini sebagai daerah tanggap darurat bencana selama 14 hari kedepan


"Yang akan di laksanakan dalam tahap awal selama dua minggu kedepan adalah tahap tanggap darurat." ucap Suharyanto


"Dan kami seluruh kementrian lembaga terkait bahwa tujuan kita sama, memastikan keselamatan rakyat adalah prioritas utama. Disini terdapat pengungsi sekitar 133 KK yang terpaksa mengungsi. Ada 41 rumah yang terbawah air dan sampai tadi pagi masih ada," tutur nya


Suharyanto juga memastikan ada bantuan rumah bagi korban yang rumahnya hanyut


"Kami akan melakukan langkah-langka selanjutnya, dimana ketika sudah tidak adalagi pengungsi yang bertamba dan sudah jelas terdata rumah yang harus relokasi buat warga yang kehilangan rumahnya akibat bencana ini akan di pindahkan, sudah disediakan lahan oleh pemerintah," Tambahnya.


Dia minta agar pemerintah daerah yang menyiapkan lahan itu tidak bermasalah untuk relokasi nanti.


"Saya mau untuk lokasi relokasi nanti itu clean and clear tidak ada sengketa tidak ada masalah hukum, dan itu lahan Negara," pungkasnya.


Di ketahui juga dalam Kunjungan BNPB RI telah memberikan bantuan berupa logistik juga 500 juta rupiah untuk dana bantuan tanggap darurat.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kunjungi Lokasi Bencana di Minsel, Kepala BNPB RI Pastikan Korban yang Kehilangan Rumah akan Direlokasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan