Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Akibat Peredaran Bebas Racun Cianida DiMitra, Masyarakat Jadi Korban, Pihak Terkait Harap 'Action'

14/09/23, 20:55 WIB Last Updated 2023-09-14T13:55:27Z
RATAHAN,BLITZ - Akibat Peredaran bahan kimia beracun jenis Sianida (CN) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) tidak terawasi Pihak terkait akhirnya berakibat fatal.

Akibat dari hal tersebut sehingga telah memakan korban jiwa bahkan saat ini sudah ada 3 orang warga yang menjadi korban bahan kimia beracun jenis sianida yang diperuntukkan bagi penambang emas.

Kali ini terkonfirmasi setelah beberapa waktu lalu satu orang dinyatakan meninggal dunia, akhirnya pada pekan lalu satu lagi warga kembali menjadi korban CN di wilayah Ratatotok. Beruntung korban tertolong setelah mendapat penanganan pihak kesehatan. 

Namun disayangkan, hari ini satu lagi warga Ratatotok dalam penganan serius pihak RS didaerah ini setelah menjadi korban bahan beracun sianida.

Dari informasi yang di dapat, peredaran CN di daerah ini sangat masiv sehingga lolos dari pantauan pihak terkait. Hal ini pun memunculkan spekulasi dan  tanggapan masyarakat bahwa di Mitra warga bisa dengan mudah mendapat bahan kimia jenis CN meski penggunaannya sendiri ada aturan tegas.

"Setahu kami, CN sendiri tidak bisa dipasarkan secara bebas dan hal ini harus mengantongi sejumlah ijin barulah bisa diperjual belikan. Dugaan kami bahan kimia tersebut sudah banyak beredar tanpa kontrol pihak terkait akibatnya sudah menelan korban jiwa," komentar warga masyarakat yang tak ingin di publikasikan.

Sumber menambahkan, daerah ini termasuk kategori trend tertinggi penggunaan racun jenis sianida oleh masyarakat yang akibatnya memakan 1 korban jiwa dan 2 korban lainnya yang menjalani perawatan intensif pihak medis. Bahkan dirinya berani menyebut beberapa oknum penjual CN didaerah ini untuk diperiksa ijinnya.

Harapannya, pihak terkait terutama pihak kepolisian agar segera menangkap oknum-oknum yang memperdagangkan racun jenis sianida ini tanpa ijin.(DEVON PONDAAG)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Akibat Peredaran Bebas Racun Cianida DiMitra, Masyarakat Jadi Korban, Pihak Terkait Harap 'Action'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan