Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Manfaat Flash Eksternal dan Mengapa Pemilik Kamera Wajib Punya

12/06/22, 13:16 WIB Last Updated 2022-06-14T06:39:52Z
adv google

 

Hunting foto.Sumber gambar: pixabay.com


PEMILIK kamera pasti mengenal flash eksternal karena menjadi salah satu peralatan fotografi dan disebut sebagai lampu kilat. Fungsi flash eksternal sangat beragam, bahkan sangat esensial untuk fotografer karena mampu menghasilkan cahaya sendiri.

 

Lampu flash eksternal memiliki sumber daya dengan baterai AA yang jumlahnya 4 buah, tetapi biasanya disesuaikan dengan merek yang Anda beli. Anda bisa membeli yang berkualitas agar kinerjanya optimal.


Fungsi Flash Eksternal yang Wajib Diketahui

Sumbergambar:https://pixabay.com/id/photos/juru-potret-turis-foto-407068/

 

Harga flash kamera dianggap mahal karena fungsinya beragam dan membuat pekerjaan fotografer lebih maksimal. Anda bisa memotret berbagai objek walaupun sulit dalam satu bidikan, berikut ada fungsinya:


1. Memiliki Pengaturan yang Kompleks

 

Sejatinya, flash eksternal memiliki pengaturan yang beragam dan memiliki fungsinya sendiri. Pastikan Anda memahami semua fungsinya agar memudahkan pekerjaan fotografer, salah satu pengaturan utamanya adalah mengenai kekuatan output flash yang disimbolkan dengan angka. Angka tersebut bisa meliputi 1/128, 1/64. 1/16, atau pengaturan yang dikhususkan oleh produsen kamera.

 

Tetapi, semakin kecil angkanya maka flash yang dihasilkan semakin terang. Umumnya, lampu kilat yang tersedia di pasaran adalah mode manual dan slave. Tetapi untuk lampu kilat yang canggih sudah tersedia mode TTL atau Through The Lens.

 

Agar Anda tak bingung mengenai kegunaan mode manual dan mode slave, berikut ada ulasannya.


-  Mode manual

 

Mode manual adalah mode yang memungkinkan pengguna mampu mengatur sendiri kekuatan flash karena lampu flash tidak memiliki komunikasi eksposure dengan kamera selain saat shutter Anda tekan untuk mentrigger nyala lampu.

 

-  Mode slave

 

Sementara mode slave memudahkan Anda dalam memanfaatkan sensor dalam flash kamera yang peka pada kilatan lampu flash lain. Hal tersebut bisa terjadi pada lampu flash internal kamera. Untuk itulah saat Anda memasang lampu flash eksternal dengan mode slave, saat Anda menempatkannya berhadapan dengan kamera tidak akan terhalang objek lain.

 

Hebatnya lagi, saat lampu flash built in yang terpasang pada kamera menyala maka cahaya akan mentrigger lampu flash eksternal agar menyala bersamaan. Sebaliknya, jika Anda ingin mentrigger bisa menggunakan lampu kilat eksternal lainnya. Anda bisa menerapkannya saat bermain strobist sehingga penggunaan trigger dan receiver wireless lebih hemat.


-  Mode TTL/E-TTL lampu kilat

 

Flash eksternal menjadi andalan fotografer karena membantu penerangan pada objek lebih maksimal tanpa mengulang bidikan. Apalagi lampu kilat eksternal dengan mode TTL yang harganya lebih mahal sehingga futur yang diberikan lebih canggih


2. Memberikan Kesan Warna Putih dan Halus

 

Jangan salah, menggunakan flash eksternal membuat Anda seperti menggunakan filter white balance yang membuat objek foto tampak lebih putih terang. Bahkan warna yang dihasilkan lebih halus sehingga membuat Anda seperti fotografer handal karena hasil bidikannya berkualitas tinggi.


3. Mampu Menghilangkan Efek Bayangan

 

Fungsi kamera kilat eksternal selanjutnya bisa menghilangkan efek bayangan karena flash eksternal memiliki kepala yang mampu diputar ke atas, ke samping dan ke belakang. Walaupun Anda menggunakan flash eksternal menghadap ke atas untuk menghasilkan cahaya lebih kuat dan merata, tetap tak menimbulkan bayangan.

 

Alasannya karena kepala flash lebih fleksibel sehingga Anda bebas melakukan eksperimen menggunakan lighting lebih menarik, pastinya mudah membuat berbagai efek menarik agar bidikan memiliki ciri khas.


4. Pancaran Cahaya Lebih Merata

 

Keberadaan flash eksternal juga membuat cahaya lebih merata di seluruh sudut frame. Walaupun Anda memotret banyak orang dalam satu frame, cahayanya tetap merata tanpa salah satu wajah tampak gelap.


5. Memiliki Zoom Head

 

Fungsi flash eksternal terakhir adalah memiliki zoom head. Fitur zoom head membuat posisi sumber cahaya flash eksternal setara dengan panjang fokal lensa kamera. Umumnya, zoom head memiliki jarak antara 24 sampai 105 mm.

 

Cara Menggunakan Flash Eksternal yang Benar

 

Setelah mengetahui beragamnya fungsi lampu kilat eksternal, selanjutnya harus memahami cara menggunakannya. Berikut ada caranya yang benar, yaitu:

 

     Pantulkan cahaya flash eksternal

 

Memantulkan cahaya flash eksternal menjadi cara terbaik menghasilkan foto yang bagus. Cara tersebut cocok untuk mengambil foto indoor, ruangan dan dinding serta langit-langit yang warnanya terang mampu memberikan cahaya yang pas.

 

Bahkan cara tersebut membuat Anda mencapai tingkat pencahayaan tinggi seperti menggunakan softbox.

 

     Blok cahaya yang berpendar

 

Kebanyakan orang awam tidak mengetahui cahaya yang keluar dari lampu kilat terletak di dalam pola yang luas dan tidak mengarah lurus. Umumnya, sebagian besar cahaya fokus ke depan dan cahaya lainnya ke sisi kiri maupun kanan dari objek.

 

Tetapi, saat flash Anda atur ke zoom sempit akan banyak cahaya yang terbuang di kedua sisinya. Anda bisa menggunakan kertas putih seukuran kartu nama yang bisa dijadikan media memblokir efek tersebut dari subjek Anda.

 

     Menggunakan bounce card

 

Menggunakan flash eksternal mudah menghilangkan bayangan yang tidak diperlukan karena fiturnya beragam. Bahkan Anda bisa menggunakan flash eksternal dengan menggunakan bounce card dengan menggunakan selembar karton berwarna putih yang ditempatkan di sisi kiri maupun kanan flash kamera Anda. Anda bisa mengarahkannya ke berbagai cara untuk mendapatkan cahaya yang diinginkan.

 

Fotografi tak pernah lekang oleh waktu, justru zaman modern ini semakin banyak orang menyukai bidang fotografi karena bisa menciptakan foto yang berkelas. Anda bisa membuatnya sebagai koleksi pribadi maupun menjadi bisnis, untuk itulah flash eksternal wajib dimiliki karena kegunaannya menunjang fotografi Anda.

 

Anda bisa membeli kamera kilat tersebut secara offline maupun online. Untuk online bisa membelinya melalui Blibli, Blibli menjadi marketplace terpercaya yang menyediakan flash kamera berkualitas dengan harga kompetitif. Anda bisa membelinya sesuatu kebutuhan.

 

Selain itu, cara pembelian dan pembayaran di Blibli mudah dan cocok untuk masyarakat luas. Anda bisa mengecek ketersediaan produk pada penjual, dengan begitu bisa mempraktekkan fungsi flash eksternal di rumah.(**)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Manfaat Flash Eksternal dan Mengapa Pemilik Kamera Wajib Punya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan