Bawaslu

minsel

minsel

Iklan

Iklan

Kecamatan Modoinding Dicanangkan Sebagai Kampung Sayur

04/08/22, 15:43 WIB Last Updated 2022-08-07T06:44:49Z
adv google


Minsel Blitz--Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar SH di dampingi Wakil bupati Petra Yanni Rembang M. Th, hadiri kegiatan The Development of integrated farming sistem in uplend Area's (Upland) Tahun 2022 dan pencanangan kampung sayur di kecamatan Modoinding. Kamis (04/07/2022).


Pencanangan program Upland yang di laksanakan di desa Sinisir kecamatan Modoinding dilakukan langsung oleh Bupati Franky Donny Wongkar dan wabup Petra Yanni Rembang.


Adapun program upland merupakan kegiatan pertanian yang di lakukan di daerah dataran tinggi. Disamping itu program upland juga memiliki beberapa tujuan diantaranya meningkatkan produktifitas pertanian dan pendapatan pertanian di daerah dataran tinggi melalui pengembangan infrastuktur lahan dan air. Selain itu, mengembangkan sistem agrobisnis dan menguatkan sistem kelembagaan, serta membangun sentra pembibitan yang di lengkapi dengan sarana prasarana budidaya benih moderen. 


Hal ini juga di sampaikan Bupati Franky dalam sambutanya."Kegiatan upland dilaksanakan dalam rangka meningkatkan produktifitas pertanian, dengan harapan akan meningkatkan perekonomian para petani, juga kegiatan ini ada pengembangan sistim agro bisnis bagi penerima manfaat,"  ucap FDW.


Lebih dari itu FDW juga mengatakan Ini juga merupakan upaya pemerintah dalam memberi dampak pemulihan ekonomi di Minahasa Selatan khususnya bagi masyarakat yang berada di Kecamatan Modoinding.


"Saya tau masyarakat disini sudah sejak lama mengetahui teknik budidaya kentang, namun melalui program ini kita sama sama belajar agar budidaya penanaman kentang akan lebih berkembang baik," ucap FDW lagi.



Di samping itu Bupati juga berharap komunikasi antara Pemerintah, Penyuluh dan Petani kedepannya akan terus berjalan dengan baik


"Kita harus melaksanakannya secara bersama-sama. Hargailah dan hormati para penyuluh karena mereka memiliki keahlian dalam pertanian meskipun kami mengakui para petani di modoinding sudah lama mengetahui tentang penanaman kentang ini, namun ada hal-hal juga yang perlu disampaikan penyuluh dan harus diikuti," pesan FDW.


Sementara itu, Markus Komaling salah satu Ketua Kelompok Tani yang hadir dalam kegiatan tersebut mengucapkan teima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah atas kepedulian yang telah diberikan.


"Kami dari kelompok tani sangat bersyukur, karena baru kali ini ada bantuan seperti ini. Tentunya masyarakat di Modoinding sangat terbantukan dengan adanya program dari pemerintah untuk masalah upland ini," beber Komaling.



Diungkapkannya, mewakili seluruh petani mengucapkan terima kasih atas kepedulian Bapak Bupati Franky Wongkar dan Wakil Bupati Petra Rembang atas bantuan untuk pertanian yang telah diberikan.


Untuk di ketahui adapun laoparan dari Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Minsel Feibe Pusung dalam laporannya mengatakan, untuk program Upland ini dianggarkan sebesar 22 Miliar 10 Juta Rupiah. 


Dijelaskan Kadis, keseluruhan anggaran itu akan digunakan untuk:

- Pembangunan jalan usaha tani sepanjang 6 KM.

- Pembangunan 7 unit embung pertanian.

- Pembangunan 36 irigasi sprinkle.

- Pembangunan 10 unit sumur dalam.

- Benih kentang sebanyak 240.000 KG untuk 200 hektar.

- Alat dan mesin pertanian untuk 66 kelompok tani penerima manfaat upland.

- 1 unit traktor roda 4.

- Alat panen kentang.

- Sarana pasca panen kentang.


Sementara untuk pengembangan koorporasi petani akan diadakan:

- 2 unit bangunan gudang.

- 1 unit kendaraan truk.

- 5 unit kendaraan roda 3.

- 2 unit sarana pemrosesan.

- Alat pengemasan digital.


Diketahui juga, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kepada kelompok tani secara simbolis oleh pemerintah, dan dilanjutkan penanaman bibit kentang bersama Forkopimda. 


Berikut nama-nama kelompok tani yang di berikan bantuan antara lain, Kelompok Tani Tetap Jaya, Kelompok Tani Kita Bisa, Kelompok Tani Permata, Kelompok Tani Panji Yosua Berkarya, Kelompok Tani Kaampit Waya. dan bantuan cultivator kepada Kelompok Tani Masawonganta, juga diserahkan bantuan Benih yang diberikan kepada Kelompok Tani Tabita, Kelompok Tani Paar Mayang, Kelompok Tani Serasi Mandiri, Kelompok Tani Kanaan New, Kelompok Tani F Potato, Kelompok Tani lolombulan, Kelompok Tani Perjuangan, Kelompok Tani Kabar Jaya, Kelompok Tani Karyata,


Turut Hadir pada Kegiatan tersebut Wakil Bupati Minahasa Selatan Pdt. Petra Yani Rembang, Unsur FORKOPIMDA Minahasa Selatan., Ir. Christian Kaparang, M.Si Selaku Kepala Seksi Lahan Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Utara., Kepala Dinas Pertanian Kaupaten Minahasa Selatan Feybie Pusung, S.Pt, M.Si., Staf Khusus Bupati Minahasa Selatan Bidang Ketenagakerjaan Bpk. Danny Wuisan., Camat Modoinding Patrio M. Tandaju, SE, bersama Unsur FORKOPIMCA Kecamatan Modoinding dan Para Hukum Tua serta Perangkat Desa Se - Kecamatan Modoinding.



Penulis: Herdy Wauran


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kecamatan Modoinding Dicanangkan Sebagai Kampung Sayur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Topik Populer

Iklan